Akhir Tahun, Produk Elektronik Laris Manis Diserbu Pembeli

TV
Seorang calon pembeli melihat deretan TV yang dipamerkan di atrium Java Supermall Semarang.

Semarang, Idola 92,6 FM-Menjelang libur akhir tahun, menjadi momentum paling ditunggu para produsen barang elektronik atau pemilik toko elektronik menggelar pameran guna menjaring calon pembeli.

Termasuk yang dilakukan Modern Elektronik, dengan menggelar pameran di atrium Java Supermall mulai 21 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024.

Pemilik Modern Elektronik Indrawati mengatakan momentum Natal dan Tahun Baru, biasanya dimanfaatkan untuk menjaring calon pembeli yang menginginkan produk elektronik terbaru di rumahnya. Pernyataan itu dikatakan saat ditemui di sela pameran, kemarin.

Indrawati menjelaskan, di akhir tahun biasanya para pekerja kantor atau pegawai mendapatkan bonus sehingga banyak membelanjakan uangnya membeli produk elektronik atau mengganti produk elektronik lama di rumah.

Menurut Indrawati, produk elektronik yang biasanya laku dan diburu pembeli di antaranya adalah mesin cuci dan lemari es serta pendingin ruangan.

“Biasanya mesin cuci, tapi sekarang AC juga tetap laku sama TV. Mungkin dulunya orang yang tidak punya AC kemudian beli AC, atau baru punya satu terus nambah satu lagi,” kata Indrawati.

Sementara Kepala Cabang LG Electronics Indonesia Semarang I Made Herinata menyatakan, menjelang Natal dan Tahun Baru memang permintaan akan barang-barang elektronik mengalami peningkatan.

Made menyebut, permintaan akan mesin cuci di wilayah Jateng-DIY terbilang bagus.

Bahkan, market share untuk mesin cuci buatan LG mencapai 24 persen dan menjadi pemimpin di kelasnya.

“Permintaan akan mesin cuci di kita masih unggul. Tidak hanya yang low end tapi juga yang middle atau mau upgrade dari dua tabung ke satu tabung, di area Semarang atau Jawa Tengah lumayan bagus,” ujar Made.

Lebih lanjut Made berharap, pasar di akhir tahun ini bisa membuahkan hasil lebih baik di tengah situasi politik dalam negeri. (Bud)