Terjunkan Tim, Disporapar Jateng Pastikan Wahana Permainan Aman Bagi Pengunjung

Kawasan Kota Lama
Kawasan Kota Lama Semarang masih menjadi magnet bagi wisatawan yang berkunjung ke Jateng.

Semarang, Idola 92,6 FM-Disporapar Jawa Tengah bersama aparat kepolisian, melakukan pemeriksaan ke sejumlah wahana permainan di obyek wisata yang bakal ramai didatangi pengunjung saat libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Hal itu dilakukan, guna mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan dan mengancam keselamatan para pengunjung obyek wisata.

Kepala Disporapar Jateng Agung Hariyadi mengatakan kejadian runtuhnya jembatan kaca The Geong di Kabupaten Banyumas, menjadi catatan penting pihaknya agar tidak terulang di obyek wisata lainnya. Pernyataan itu dikatakan saat ditemui di Semarang, kemarin.

Agung menjelaskan, dalam menyambut para wisatawan yang datang ke Jateng saat masa libur Nataru ini pihaknya telah menyiapkan layanan-layanan di tempat-tempat wisata.

Salah satunya, memastikan layanan di tempat wisata harus telah memenuhi kaidah keselamatan.

Menurutnya, tim khusus telah diterjunkan sejak 6 Desember 2023 untuk melakukan pemeriksaan terhadap wahana wisata yang memiliki risiko tinggi.

Bersama aparat kepolisian, pihaknya melakukan uji petik ke sejumlah obyek wisata di Jateng guna memastikan keamanan wahana permainannya.

“Kita memastikan bahwa wahana-wahana wisata yang menyangkut masalah keselamatan juga kita lakukan monitoring. Kalau ada wahana atau peralatan yang belum memenuhi kaidah keselamatan akan kita berikan teguran, dan arahkan segera memenuhi standar keselamatan,” kata Agung

Lebih lanjut Agung menjelaskan, pihaknya juga mengedukasi kepada para pengelola tempat wisata agar tidak memainkan tiket masuk.

Hal itu untuk menghindari para pengelola obyek wisata, menaikkan harga tiket masuk seenaknya dan merugikan pengunjung.

“Tarif tiket masuk naik oke, tapi yang wajar saja. Itu harapannya,” jelasnya.

Agung menyebut, tempat wisata di Jateng yang masih menjadi favorit wisatawan di antaranya adalah Kota Lama Semarang dan Pura Mangkunegaran Surakarta termasuk di Candi Borobudur.

Bahkan, sejumlah kabupaten/kota juga telah menyiapkan acara hiburan tutup tahun secara gratis bagi masyarakat umum. (Bud)