PGN Bangun Proyek Pipa Minyak Pengapon-Boyolali Guna Perkuat Energi di Jateng

Pegawai PGN
Pegawai PGN melakukan pemeriksaan rutin terhadap jaringan pipa gas bumi.

Semarang, Idola 92,6 FM-PGN Solution bersama Pertamina Patra Niaga membangun proyek pipanisasi minyak jalur Pengapon-Boyolali, guna pemenuhan energi di Jateng.

Yakni, dengan melakukan first welding (pengelasan pertama) yang dilakukan di KP 02 Pipanisasi Pengapon Boyolali belum lama ini.

Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN Achmad Muchtasyar mengatakan pembangunan pipa steel sepanjang kurang lebih 81,5 kilometer berdiameter 12 inch, akan dimanfaatkan untuk kelangsungan energi di wilayah Jateng melalui penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM) Premium, Solar dan Pertamax dari Integrated Terminal Semarang Group (Pengapon) ke Fuel Terminal Boyolali.

Menurut Achmad, dengan adanya pipa BBM yang dibangun PGN Solution turut mengakomodasi stok BBM untuk masyarakat Boyolali.

Proyek pipa minyak adalah jalur pipa untuk menyalurkan produk BBM, yang dapat menekan biaya distribusi dan merupakan upaya nyata implementasi Environmental Social Governance (ESG) dalam membantu mengurangi emisi karbon.

Sebelumnya, penyaluran BBM menggunakan kapal dan truk.

“Kami mengapresiasi PGN Solution yang telah melaksanakan capability dalam hal pembangunan kontruksi infrastruktur energi. Keandalan pipa senantiasa diutamakan, lantaran pipa ini untuk memenuhi kebutuhan BBM di Boyolali. Kolaborasi dengan Pertamina Patra Niaga sekaligus menjadi wujud sinergi antar Subholding Pertamina dan ini harus ditingkatkan kedepannya,” kata Achmad.

Direktur Utama PGN Solution Sabaruddin menambahkan, pembangunan pipa dari Pengapon ke Boyolali akan melintasi beberapa wilayah di antaranya Kabupaten Semarang dan Demak hingga ke Kota Semarang.

Sabaruddin menjelaskan, dalam pembangunan pipa jaringan selain aspek engineering dan teknis yang harus dipersiapkan PGN Solution juga fokus terhadap aspek sosial dan perizinan.

Yakni melalui koordinasi dengan para stakeholder lainnya, di wilayah-wilayah yang menjadi lintasan pembangunan.

Menurutnya, PGN Solution akan berkomitmen mendukung Pertamina Patra Niaga dalam suplai energi di Jateng dengan membangun infrastruktur pipa yang diharapkan berjalan on time dan on budget maupun on quality serta memenuhi aspek-aspek keselamatan dan sosial serta keberlangsungan lingkungan.

“Dengan first welding ini, tentunya kami harapkan dukungan penuh dari seluruh stakeholder agar seluruh tahapan proses pembangunan pipa ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. Sehingga, segera dapat dimanfaatkan untuk pemenuhan Energi di wilayah Jawa Tengah,” ucap Sabaruddin. (Bud)