PGN Pastikan Lebaran Gas Bumi Stok Aman

Edi Armawiria
Edi Armawiria, General Manager SOR III PGN.

Semarang, Idol 92,6 FM – PGN Sales and Operation Region III (SOR III) berkomitmen, untuk memastikan kegiatan operasional penyaluran gas bumi berjalan aman dan pelanggan dapat terlayani dengan baik selama Ramadan hingga Lebaran.

Selama Ramadan hingga Lebaran biasanya penggunaan gas bumi di sektor rumah tangga dan pelaku UMKM mengalami peningkatan.

General Manager SOR III PGN Edi Armawiria mengatakan selama Ramadan ini, ada peningkatan konsumsi bahan bakar gas sebesar 10-15 persen pada sektor rumah tangga dan pelaku UMKM. Hal itu dikatakan melalui siaran pers, kemarin.

Menurutnya, peningkatan terjadi karena aktivitas memasak bagi pelaku UMKM sektor makanan dan rumah tangga selama bulan puasa.

Seperti tahun sebelumnya, momen Ramadan memicu peningkatan konsumsi bahan bakar gas.

Edi menjelaskan, rerata konsumsi bahan bakar gas pada sektor rumah tangga mencapai 12-13 meter kubik per bulan per pelanggan atau setara 12 kilogram tabung gas.

Sedangkan konsumsi gas untuk pelaku UMKM, sekira 50 meter kubik per bulan per UMKM.

“Setiap perayaan hari besar keagamaan maupun momen tahun baru, kami bentuk satuan tugas khusus untuk menjamin penyediaan energi PGN. Karena gas ini juga digunakan untuk rumah tangga, industri dan transportasi. Bentuk kegiatan yang dilakukan meliputi pengecekan jaringan, perbaikan dan pemantauan agar tidak ada gangguan dalam suplainya serta latihan tanggap darurat,” kata Edi.

Lebih lanjut Edi menjelaskan, untuk memastikan penyaluran bahan bakar gas ke konsumen melalui jaringan pipa PGN terjamin itu pihaknya telah menyiapkan Satuan Tugas Ramadhan dan Idul Fitri (SATGAS RAFI) 2023 yang dimulai sejak awal Ramadan.

Satgas RAFI SOR III bekerja 24 jam tersebar di wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali dan Nusa Tenggara.

“Apabila pelanggan maupun masyarakat membutuhkan informasi lebih lanjut atau menyampaikan hal-hal emergency terkait layanan gas bumi, dapat menghubungi Call Center Pertamina 135 atau aplikasi MyPertamina,” pungkasnya. (Bud)