PLN Siagakan 2.300 Posko Kelistrikan Saat Lebaran

Posko PLN
Dirut PLN Darmawan Prasodjo memberi arahan kepada personel yang akan bersiaga selama Lebaran.

Semarang, Idola 92,6 FM – PLN menyiagakan 2.300 posko kelistrikan saat Lebaran.

Selain menyiapkan ribuan posko, PLN juga mengerahkan 82.690 personel untuk mengamankan pasokan listrik saat hari raya.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan pihaknya memastikan kesiapan pasokan listrik, untuk kelancaran periode Ramadan dan Idul Fitri dari sisi pembangkit dan transmisi serta personel hingga peralatan pendukung. Hal itu dikatakan melalui Apel Siaga Kelistrikan di Jakarta, kemarin.

Darmawan menjelaskan, untuk memastikan kesiapsiagaan kelistrikan seluruh posko ditempatkan di titik-titik krusial.

Seluruh personel jiga bersiaga dan bersinergi dengan berbagai pihak.

Menurutnya, perseroan menyiagakan 20.130 personel dan 61.560 tenaga alih daya yang terdiri dari tim pelayanan teknik dan Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB).

Tidak hanya personel, PLN juga menyiapkan 2.300 posko siaga kelistrikan yang tersebar di seluruh Tanah Air.

“Masyarakat Indonesia akan merayakan Idul Fitri tidak boleh ada listrik yang mati, tidak boleh ada ibadah yang terganggu dan tidak ada fasilitas umum yang boleh bermasalah listriknya,” kata Darmawan.

Lebih lanjut Darmawan menjelaskan, dalam memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh lapisan masyarakat pihaknya menyiapkan alat pendukung.

Peralatan pendukung di antaranya menyediakan 1.478 genset, 559 uninterruptible power supply (UPS), 925 unit gardu bergerak (UGB), 16 unit trafo mobile, 259 crane dan 3.260 mobil serta 3.395 motor.

“PLN terus memperkuat pasokan energi primer untuk memastikan setiap pembangkit dalam kondisi prima. Begitu juga kondisi seluruh tranmisi, PLN telah melakukan pemeliharaan rutin lebih awal sehingga saat ini dalam kondisi yang aman,” pungkasnya. (Bud)