Jasa Marga Imbau Pemudik Waspadai Titik Lelah Saat Lakukan Perjalanan Jauh

GT Kalikangkung
Sejumlah kendaraan saat melintas di Gerbang Tol Kalikangkung, Rabu (5/4) sore.

Semarang, Idola 92,6 FM – Jasamarga Semarang-Batang mengimbau kepada masyarakat pemudik, untuk mengatasi titik lelah ketika melakukan perjalanan jauh pulang ke kampung halaman saat libur Lebaran.

Utamanya, ketika melakukan perjalanan jauh dengan menempuh waktu lebih dari empat jam.

Direktur Utama Jasamarga Semarang-Batang Nasrullah mengatakan bagi masyarakat pemudik yang melakukan perjalanan mudik lebih dari empat jam, agar bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk beristirahat. Hal itu dikatakan usai memimpin apel pasukan di kantornya, Rabu (5/4) sore.

Nasrullah menjelaskan, pemudik dari arah Jakarta atau Bandung maupun daerah lain yang menempuh perjalanan melalui jalan tol untuk bisa mengatur waktu istirahatnya.

Tujuannya, agar stamina badan bisa kembali pulih usai melakukan perjalanan lebih dari empat jam lamanya.

Menurutnya, bagi pemudik arah Jakarta menuju Semarang dan masuk wilayah ruas jalan tol Semarang-Batang disarankan istirahat dengan cukup.

Sebab, dari arah Pejagan hingga masuk ruas tol Semarang-Batang itu ada jarak cukup jauh dengan tempat istirahat berikutnya.

“Untuk jalur dari Jakarta menuju Semarang kalau kita lihat ada jarak yang cukup jauh dari rest area terakhir di KM 338A ruang Pemalang-Batang, nantinya akan ketemu rest area berikutnya di KM 379A. Saran kami agar diantisipasi untuk jarak tersebut, dan kalau memang sudah lelah agar masuk ke rest area,” kata Nasrullah.

Lebih lanjut Nasrullah menjelaskan, guna mengantisipasi arus mudik balik Lebaran tahun ini juga telah dilakukan peningkatan pelayanan.

Tidak hanya kesiapan dari para petugas di lapangan, tetapi juga kesiapan seluruh sarana prasarana penunjang kelancaran arus mudik balik Lebaran yang melalui ruas jalan tol Semarang-Batang.

“Berdasarkan perkiraan kami, kemungkinan lalinnya akan meningkat sekitar lima persen dari Lebaran 2022,” pungkasnya. (Bud)