Yuk Catat Jadwal Penukaran Uang Sebelum Lebaran Tiba

Menukar uang di mobil kas keliling
Warga saat menukar uang di mobil kas keliling milik Bank Indonesia Jateng.

Semarang, Idola 92,6 FM – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah telah menyiapkan uang kartal, guna melayani masyarakat yang akan melakukan penukaran uang untuk dibagikan di kampung halaman.

Penukaran uang tidak hanya dilakukan di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jateng saja atau di kantor cabang perbankan umum lainnya, tetapi juga disiapkan di sejumlah titik keramaian masyarakat.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jateng Rahmat Dwisaputra mengatakan pihaknya telah menyiapkan uang kartal guna memenuhi kebutuhan masyarakat di hari raya sebanyak Rp28,1 triliun. Jumlah uang itu meningkat 11 persen, bila dibanding periode tahun sebelumnya. Hal itu dikatakan saat ditemui di kantornya, baru-baru ini.

Rahmat menjelaskan, guna mendekatkan layanan penukaran uang yang dibutuhkan masyarakat itu pihaknya menyebar ke sejumlah titik keramaian warga.

Setidaknya ada 472 titik layanan penukaran uang, yang tersebar di seluruh wilayah Jateng dan DIY mulai 27 Maret 2023 hingga 19 April 2023.

Menurutnya, khusus untuk wilayah Kota Semarang dan sekitarnya tersedia 114 titik loket penukaran uang.

“Kami bekerja sama dengan 10 bank untuk melayani penukaran uang di halaman kantor Bank Indonesia. Layanan masyarakat ini dilakukan sejak hari ini sampai dengan tanggal 18 April. Kami juga melakukan kas keliling yang ada di pasar, pertokoan dan mal serta di rest area,” kata Rahmat.

Lebih lanjut Rahmat menjelaskan, titik penukaran uang yang bisa dimanfaatkan masyarakat itu adalah kas keliling dalam kota kerja sama perbankan di halaman parkir barat Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jateng hingga 18 April 2023.

Kas keliling di Pasar Ngaliyan pada 6 April 2023, Pemprov Jateng (10 April), Pemkot Semarang (11 April), Polda Jateng (12 April) dan Brimob Srondol (13 April)

“Kita juga ada di Rest Area Ungaran 13-14 April dan 17-18 April 2023. Sama di Rest Area Salatiga 13-14 April dan 17-18 April 2023,” pungkasnya. (Bud)