Promosikan Wisata Jateng, Sekda Jateng Gowes 198 km Semarang-Tegal

Komunitas Tenda Biru
Komunitas Tenda Biru saat mengikuti gowes Semarang-Guci.

Semarang, Idola 92,6 FM-Dalam rangka mempromosikan destinasi wisata yang ada di Jawa Tengah, Sekda Sumarno mengikuti kegiatan gowes rute Kota Semarang-Guci sepanjang 198 kilometer.

Kegiatan tersebut diinisiasi komunitas penggemar sepeda tenda biru (Tendbir), dengan melakukan ‘Jelajah Sepeda Tendbir Semarang to Guci Tegal 2023’.

Sekda Sumarno mengatakan kegiatan gowes Semarang-Guci Tegal melalui jalur Kabupaten Pemalang diikuti puluhan orang, dengan tujuan tidak hanya berolah raga tapi juga sarana mempromosikan wisata Jateng melalui sport tourism. Hal itu dikatakan saat ditemui sebelum memulai perjalanan menuju Tegal, pekan kemarin.

Sumarno menjelaskan, para peserta gowes akan melintasi tujuh kabupaten/kota di Jateng.

Mulai dari Kota Semarang, Kabupaten Kendal, Batang, Kabupaten dan Kota Pekalongan, Kabupaten Pemalang dan berakhir di Kabupaten Tegal.

Menurut Sumarno, selama perjalanan selain melintasi medan yang datar di jalur pantai utara itu para goweser juga akan disuguhkan medan menanjak di Alas Roban Batang dan kawasan lereng Gunung Slamet di daerah Pemalang-Kabupaten Tegal.

Sembari mengayuh sepeda, para peserta dapat menikmati pemandangan alam pegunungan dan wisata budaya serta beragam kuliner.

“Sebenarnya lebih ke sport tourism. Jadi bersepeda ke tempat wisata. Kita hari ini mau menuju ke Guci. Jalurnya ada datar ada nanjak, kalau buat temen-temen goweser itu tantangan. Dan yang utama kita mempromosikan tempat-tempat wisata yang ada di Jawa Tengah,” kata Sumarno.

Lebih lanjut Sumarno berharap, kegiatan gowes yang dilakukan mampu meningkatkan dan mempromosikan potensi wisata di Jateng.

Kegiatan serupa juga bisa dilakukan komunitas-komunitas lain, dengan melibatkan peserta dari berbagai daerah di luar Jateng.

“Mudah-mudahan event seperti ini menjadi daya tarik untuk berwisata ke Jateng. Dengan begitu, pariwisata yang ada di Jateng semakin maju dan ekonomi masyarakat kian meningkat,” pungkasnya. (Bud)