Resmi Dibuka, Hetero For Startup Season 3 Targetkan 2000 Pendaftar

Launching Hetero for Startup 3 di Cinepolis Java Super Mall, Kota Semarang, selasa(21/2/2023)

Semarang, Radio Idola 92,6 FM – Hetero for Startup season 3 resmi diluncurkan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, pada Selasa (21/2/2023). Hetero for Startup merupakan sebuah gerakan pemberdayaan kewirausahaan untuk membantu para entrepreneur melakukan akselerasi dalam bisnisnya.

Ganjar yang ditemui usai launching Hetero for Startup 3 di Cinepolis Java Super Mall, Kota Semarang, mengaku tak sabar menantikan munculnya ide-ide kreatif dan entrepreneur baru dari ajang tersebut.  Selain itu, Hetero for Startup juga menjadi ruang membangun jejaring antarentrepreneur.

“Sudah season 3 ya. Harapan saya akan memunculkan banyak entrepreneur baru. Lalu di antara mereka nanti akan berkumpul dan berbagi pengalaman. Harapan juga, para peserta ini aset jejaring yang bisa dibangun. Tentu saja para mentor yang canggih-canggih dan hebat-hebat ini akan bisa mengawal, memberikan treatment agar usaha kawan-kawan muda ini bisa tumbuh kembang,” katanya.

Ganjar ingin Hetero for Startup 3 ini dapat lebih menginspirasi dibandingkan season sebelumnya. Apalagi, sejak Hetero for Startup season 2 lalu, sudah mulai banyak peserta dari luar Jawa Tengah yang ikut meramaikan. Ke depan Hetero for Startup dapat menjangkau lebih banyak entrepreneur baru, tidak hanya di Jawa Tengah tetapi juga seluruh Indonesia.

“Saya senang, saya bangga karena udah sampai season 3. Mudah-mudahan nantinya ini akan betul-betul bisa menjangkau kawan-kawan entrepreneur baru, dan mulai beberapa waktu lalu hampir dari seluruh Indonesia ikut serta menjadi peserta di sini. Itu tentu saja memberikan pengalaman bagus buat mereka yang mau jadi pengusaha. Mudah-mudahan manfaat, di tengah situasi yang sulit kita harus optimis,” katanya.

Project Leader Hetero for Startup Seasion 3, Agung Pambudi mengatakan, program ini mengakomodir sebanyak tujuh kategori bisnis yaitu makanan minuman, agrikultur, teknologi, kreatif, fesyen, kesehatan, dan energi terbarukan. Adapun target pendaftar atau penerima manfaat seluruh rangkaian program ini yakni mencapai 2.000 tim.

“Usia pendaftar kami batasi maksimal 45 tahun, sedangkan target local heroes setiap area local partners 100 bisnis. Target bisnis terbaik setiap area local partner 5 bisnis,”katanya

Agung mengungkapkan, bahwa ada beberapa poin pembaharuan pada HFS tahun ketiga ini, yaitu mulai meninggalkan format kompetisi bisnis menjadi sebuah gerakan pemberdayaan kewirausahaan. Para peserta pun nantinya akan mendapatkan kesempatan lebih banyak untuk berbagi cerita kepada publik sebagai bentuk inspirasi yang diberikan HFS kepada masyarakat Indonesia.

“Kolaborator menjadi kunci dari program HFS, dalam rangka memperkaya konten dan manfaat yang diberikan, kolaborator terdiri dari beragam pihak antara lain universitas, pemerintah daerah, korporasi, asosiasi hingga mentor”ucapnya

Adapun tahapan pelaksanaan HFS Season 3 dimulai dari Phase 1 (founder sourcing), phase 2 (Community Engagement), phase 3 (Challenge Development) dan phase 4 (Continuity). Pendaftaran peserta dimulai pada 2 februari-23 maret 2023 melalui link hfs.hetero.space/daftar.

Peserta akan dikurasi menjadi 100 orang penerima. Lalu akan diadakan seleksi 20 peserta untuk mendapatkan pendampingan langsung dari mentor dan 80 peserta lainnya akan memperoleh manfaat melalui LMS.(wid)