Srikandi PLN Gaungkan Percepatan Transisi Energi dan Inovasi Layanan Digitalisasi

Salah satu Srikandi PLN saat menjalankan tugasnya.

Semarang, Idola 92,6 FM-Dalam upaya mewujudkan program-program sosial, Srikandi PLN semakin menunjukkan peran aktifnya di tengah masyarakat.

Srikandi PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah-DIY melibatkan ratusan mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM), untuk membuka wawasan dan pengaruh positif guna memersiapkan diri menghadapi transisi energi melalui kegiatan ‘Srikandi Goes To Campus’.

Direktur Utama PLN sekaligus Pembina Tim Gugus Tugas Srikandi PLN Darmawan Prasodjo mengatakan Srikandi PLN digagas para karyawati PLN UID Jateng-DIY, untuk memantik ide-ide kreatif dan pemikiran dari mahasiswa terkait langkah-langkah mendorong percepatan transisi energi. Hal itu disampaikan melalui siaran pers, hari ini.

Darmawan menjelaskan, informasi seputar transformasi digital yang sudah dilakukan PLN dan membawa perubahan besar dalam memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan turut menjadi pembahasan menarik.

“Upaya peningkatan ESG merupakan salah satu pilar utama dalam strategi PLN. Komitmen PLN tidak hanya meningkatkan performa keuangan dan operasional, tetapi juga memberdayakan aspek lingkungan, sosial dan tata kelola yang berkelanjutan,” kata Darmawan.

Lebih lanjut Darmawan menjelaskan, PLN juga terus mendorong keberagaman dan kesetaraan serta inklusi di semua lini ekosistemnya.

“Keberagaman dan kesetaraan adalah pendorong utama inovasi yang inklusif, sehingga kami berkomitmen untuk menciptakan lingkungan kerja yang mendukung dan merangkul keberagaman serta memberdayakan setiap individu tanpa kecuali,” jelasnya.

General Manager sekaligus Pembina Srikandi PLN UID Jateng dan DIY Mochamad Soffin Hadi menambahkan, PLN berkomitmen dalam percepatan transisi energi dan selalu berinovasi meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Menurutnya, PLN selalu mendorong pemberdayaan perempuan di lingkungan kerja melalui pembentukan karakter seperti Srikandi.

“Isu transisi energi memang sedang menjadi trend saat ini, PLN juga turut mendukung langkah tersebut dengan memberikan kemudahan layanan melalui digitalisasi seperti pengajuan PV Rooftop atau PLTS Atap melalui aplikasi PLN Mobile yang merupakan salah satu bundling layanan smart home dari PLN Icon Plus,” ucap Soffin.

Soffin menyebut, melalui Srikandi PLN itu perusahaan memfasilitasi penguatan kapasitas perempuan dalam memegang peran penting sebagai pembuat kebijakan dan pencetus inovasi khususnya di dalam agenda transisi energi.

Termasuk, sebagai bagian dari gerakan global memerangi perubahan iklim dan Srikandi PLN senantiasa mendorong kolaborasi yang inklusif untuk mewujudkan ekosistem energi yang berkeadilan.

“PLN terus berupaya untuk memberikan peluang setara bagi perempuan dalam karir di sektor energi. Kami selalu mendukung kegiatan-kegiatan yang digagas seperti Srikandi Goes To Campus ini. Karena tidak hanya memberikan inspirasi namun juga menjadi wadah untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman yang nantinya membentuk character building yang menjadi ciri khas setiap Srikandi PLN,” pungkasnya. (Bud)