Tekan Angka Kecelakaan Lalu Lintas, AstraWorld Gelar Safety Driving Bersama Gojek Indonesia

Pelatihan safety driving
AstraWorld dan Gojek Indonesia memberikan pelatihan safety driving kepada mitra Gocar selama dua hari.

Semarang, Idola 92,6 FM -Dalam rangka ikut menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya, AstraWorld bersama Gojek Indonesia menggelar kegiatan safety riding selama dua hari.

Kegiatan yang digelar 9-10 Agustus 2023 itu, mengambil tema ‘Pelatihan Aman Berkendara Gojek Bersama Astra Melalui Gerakan Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas’.

Regional Head Jawa Tengah PT Astra International-AstraWorld Heny Nurul mengatakan kegiatan difokuskan pada edukasi keselamatan berkendara bagi Mitra Gocar.

Pelatihan membahas tentang perilaku pengendara, edukasi fitur kendaraan, sosialisasi tips aman berlalu lintas, bagaimana meminimalkan risiko kecelakaan dan juga kampanye keamanan berkendara via media sosial.

Menurut Heny, standar safety riding di Indonesia mengacu pada UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas yang wajib dipahami dan dipatuhi seluruh pengguna jalan.

Pelatihan safety driving untuk mendukung program United Nation Decade of Action for Road Safety 2021-2030.

“Harapannya setelah mengikuti pelatihan aman berkendara pada mitra GoCar dapat mempraktikkan apa yang diterima dari pelatihan ini, sehingga mereka turut berperan dalam ketertiban berlalu lintas serta keamanan berkendara,” kata Heny.

Lebih lanjut Heny menjelaskan, safety driving sebagai skill-based driving atau berkendara dengan keterampilan dan pengalaman berdasarkan standar keselamatan yang berlaku.

Mulai dari paham dan patuh aturan lalu lintas, menghindari mengemudi dalam kondisi tidak aman, menggunakan sabuk pengaman, menjaga jarak, menghindari distraksi, etika mengemudi di jalan serta perawatan kendaraan secara teratur.

“Setelah pelatihan diharapkan mitra Gocar memiliki dasar safety driving dan acuan dasar defensive driving seperti alertness (kewaspadaan), awareness (kesadaran), positive mental dan attitude (sikap & mental positif) sebagai langkah preventif dan meminimalisir kecelakaan dan ancaman,” pungkasnya. (Bud)