Timsel KPU Harap Antusiasme Masyarakat Ikuti Penjaringan

KPU

Semarang, Idola 92,6 FM – Tim seleksi (Timsel) KPU Jawa Tengah mengharapkan antusiasme masyarakat, untuk bisa mengikuti penjaringan anggota komisioner KPU periode 2023-2028.

Pendaftaran sudah dibuka sejak 15 Mei hingga 26 Mei 2023 mendatang.

Ketua Timsel Puji Astuti mengatakan untuk calon komisioner KPU Jateng periode 2023-2028 itu dibutuhkan tujuh orang, dan berkas yang harus dibawa bisa diunduh melalui laman siakba.kpu.go.id. Hal itu dikatakan saat ditemui di kantor KPU Jateng, kemarin.

Tata cara pendaftaran bakal calon anggota KPU Jateng dimulai dari mengunggah dokumen persyaratan melalui laman siakba.go.id, kemudian penyerahan dokumen fisik secara langsung atau melalui ekspidisi ke alamat Sekertariat tim seleksi dengan alamat Hotel Grasia Ruang Agung Jl. S. Parman No 29 Kecamatan Gajahmungkur , Semarang 50231.

Puji menjelaskan, komposisi timsel berasal dari akademi dan praktisi serta komponen masyarakat.

Dengan beragam latar belakang Timsel ini, diharapkan mampu menjaring calon komisioner KPU.

“Kalau kita bicara mengenai seleksi dan rekrutmen, ini sebenarnya kan pengumuman pendaftaran sekaligus nanti ada proses tahapan seleksi. Jadi bagi kami, timsel ini memiliki tanggung jawab yang sangat besar karena bagaimana kita bisa memilih nantinya anggota komisioner yang punya integritas dan kapabilitas serta mampu melayani masyarakat dan peserta pemilu dengan baik,” kata Puji.

Lebih lanjut Puji menjelaskan, timsel memberikan pengumuman proses pendaftaran sudah dimulai sehingga masyarakat bisa mengikutinya.

Semakin banyak calon yang mendaftar, diharapkan bisa mendapatkan pilihan lebih banyak sesuai persyaratan.

“Pengalaman periode lalu itu yang mendaftar sekitar 128 orang, dan harapan kita itu maksimal 20 kali jumlah kebutuhan. Idealnya ya sampai 140 orang yang mengikuti penyaringan,” pungkasnya. (Bud)