Dengan Alat Ini PLN Bisa Pantau Keandalan Pasokan Listrik

PLN melakukan pemantauan
Seorang petugas PLN melakukan pemantauan keandalan pasokan listrik dengan berkomunikasi bersama tim lainnya.

Semarang, Idola 92,6 FM – Kemajuan teknologi saat ini terus diimbangi PLN, dengan berinovasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan.

Salah satunya, PLN bisa memantau keandalan pasokan listrik lewat Posko MEDICO (Mobile Electricity Distribution Command Post).

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah-DIY Bargowo Wahyu Jatmiko mengatakan PLN Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (UP2D) Jateng-DIY memerkenalkan inovasi terbarunya, dalam menunjang keandalan pasokan listrik kepada masyarakat. Hal itu disampaikan melalui siaran pers, kemarin.

Menurut Jatmiko, inovasi yang berlabel MEDICO tersebut merupakan Posko Siaga Keandalan Bergerak Terpadu yang dapat bergerak mobile dari satu tempat ke tempat lain.

MEDICO berfungsi sebagai pusat komando pemantauan, sekaligus pengamanan pasokan energi listrik pada kegiatan kenegaraan VIP/VVIP atau event penting skala nasional atau internasional lainnya.

Jatmiko menjelaskan, selain monitoring peralatan, posko bergerak ini juga difasilitasi radio ROIP (Radio Over Internet Protocol) dan POC (Push to talk Over Cellullar) untuk berkomunikasi dan berkoordinasi dengan pusat pengatur distribusi atau Distribution Command Centre (DCC) dan petugas lapangan serta manajemen dan semua yang terlibat dalam kegiatan pengamanan pasokan energi listrik.

“Posko ini dilengkapi dengan perangkat tampilan antar muka/user interface yang terhubung langsung dengan sistem jaringan Supervisory Control and Data Acquisition (SCADA) milik PLN. Untuk mengontrol dan memonitoring secara real-time kinerja peralatan yang dipasang oleh PLN. Serta untuk memastikan dan menjamin pasokan energi listrik tetap terjaga andal di lokasi acara,” kata Jatmiko.

Lebih lanjut Jatmiko menjelaskan, PLN berkolaborasi dengan PLN ICON+ untuk menyediakan jaringan data guna kebutuhan konektivitas melalui layanan Iconnet.

Jaringan PLN ICON+ memiliki ketersediaan layanan yang cukup luas, sehingga memungkinkan posko MEDICO dapat terpasang di setiap tempat untuk mendukung kesuksesan acara-acara penting negara.

“Insan Muda PLN tak henti mempersembahkan inovasi terbaru untuk memperkuat dan meningkatkan keandalan pelayanan kepada pelanggan, maupun pada tamu-tamu negara. Mengingat Indonesia sering didapuk menjadi tuan rumah berbagai event tingkat internasional, terlebih setelah ditunjuknya Indonesia sebagai ketua ASEAN pada tahun ini,” pungkasnya. (Bud)