Penggantian Energize Trafo, PLN Pastikan Keandalan Pasokan Listrik ke Pelanggan

Bay Trafo 1 di Gardu Induk Jajar
Petugas PLN saat melakukan penggantian dan pemberian tegangan (Energize) pada Bay Trafo 1 di Gardu Induk (GI) Jajar.

Semarang, Idola 92,6 FM – PLN memastikan keandalan pasokan listrik ke pelanggan menjelang event Piala Dunia U-20 FIFA.

Salah satu yang dilakukan, PLN UPT Salatiga melakukan penggantian dan pemberian tegangan (Energize) pada Bay Trafo 1 di Gardu Induk (GI) Jajar.

Penggantain dan pemberian tegangan (energize) Bay Trafo 1 GI Jajar tersebut, akan meningkatkan keandalanan kapasitas penyaluran tenaga listrik sebesar 60 Mega Volt Ampere (MVA) untuk menyuplai kelistrikan di wilayah Surakarta dan juga suplai utama Event U-20.

Manager PLN UPT Salatiga Inda Puspanugraha mengatakan pekerjaan Penggantian Bay Trafo 1 GI Jajar ini, direncanakan dapat selesai dalam waktu 25 hari. Hal itu dikatakan di Semarang, hari ini.

Menurutnya, pekerjaan tersebut telah dimulai sejak awal Februari kemarin dengan mengerahkan 15 personel.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kontribusi dan kerja keras semua pihak yang mendukung keberhasilan proses energize trafo 1 GI Jajar. Beroperasinya Bay Trafo 1 ini membuat pasokan listrik di Surakarta semakin kuat dan andal di wilayah Solo Raya,” kata Indra.

Lebih lanjut Indra menjelaskan, proyek tersebut merupakan proyek percepatan dalam rangka mendukung infrastruktur di Kota Surakarta dan sekitarnya.

Pada masa mendatang, dengan adanya penggantian Bay Trafo 1 150/20 KV GI Jajar dapat meningkatkan peluang penambahan daya untuk pelanggan rumah tangga maupun pelanggan industri di wilayah Solo Raya.

“Harapan kami dapat menjaga pasokan listrik yang andal menjelang Piala Dunia U20 FIFA,” pungkasnya. (Bud)