Tingkat Optimisme Warga Jateng Masih Terjaga

Pedagang buah di pasar
Pedagang buah di pasar menjajakan dagangan ke pelanggan.

Semarang, Idola 92,6 FM – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah mencatat, optimisme konsumen di provinsi ini masih terjaga dan tetap kuat.

Indikasinya, hasil survei yang dilakukan pada Fey2023 kemarin menempatkan optimisme konsumen terhadap perekonomian Jateng tetap kuat.

Pelaksana tugas Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jateng Ndari Surjaningsih mengatakan keyakinan terhadap perekonomian tersebut didukung Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) sebesar 127,98, dan masih berada pada level optimis (indeks >100). Hal itu disampaikan melalui siaran pers, Senin (13/3).

Menurutnya, optimisme juga diindikasikan terjadi pada empat kota lokasi survei di Jateng. Yakni di Kota Semarang, Surakarta, Kabupaten Banyumas tepatnya di Purwokerto dan Kota Tegal.

“Optimisme konsumen terhadap ekonomi Jawa Tengah ditopang Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) yang masih berada pada level optimis (indeks >100). Secara umum, indikasi optimisme konsumen terhadap perekonomian Jawa Tengah juga sejalan dengan hasil Survei Konsumen secara nasional,” kata Ndari.

Sementara itu dikutip dari situs resmi Bank Indonesia, secara nasional survei konsumen Bank Indonesia pada Februari 2023 juga mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi tetap kuat.

Hal ini tecermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Februari 2023 terjaga dalam zona optimis (>100) pada level 122,4.

Terjaganya optimisme konsumen pada Februari 2023, didorong meningkatnya Indeks Kondisi Ekonomi.

Saat ini, IKE pada komponen Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja dan Indeks Penghasilan menunjukkan tren positif.

Sementara itu, IEK tetap kuat dan masih pada arel optimistis yang ditopang Indeks Ekspektasi Penghasilan meningkat dibanding bulan sebelumnya. (Bud)