Tol Solo-Yogyakarta Dibuka Fungsional Mulai 22 Desember 2023

Pengerjaan jalan tol Solo-Yogya
Pengerjaan jalan tol Solo-Yogya yang nanti akan dibuka fungsional saat Nataru

Semarang, Idola 92,6 FM-Jalan tol Solo-Yogya ruas Colomadu (Surakarta)-Karanganom (Klaten), akan dibuka fungsional pada 22 Desember 2023.

Hal itu dilakukan, agar masyarakat yang akan bepergian dari Solo ke Yogyakarta atau sebaliknya saat libur Natal dan Tahun Baru tidak mengalami kemacetan.

Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana mengatakan tol Solo-Yogya dengan panjang 13 kilometer itu, dibuka mulai 22 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024. Hal itu dikatakan saat melakukan peninjauan ke ruas jalan tol Solo-Yogya, kemarin.

Nana menjelaskan, berdasarkan pantauan yang dilakukan diketahui jika jalan tol sudah bisa dilintasi.

Namun, catatan yang diberikan masih perlu penambahan rambu petunjuk arah dan pembatas beton.

Menurut Nana, keberadaan jalan tol ruas Colomadu-Karanganom memang sengaja dioptimalkan penggunaannya pada libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Dengan harapan, akan memerlancar arus lalu lintas Solo-Yogyakarta yang selama ini dikenal padat.

“Kita masih ada waktu, nanti Kementerian PUPR dengan Dinas Perhubungan akan bekerja sama dan berkoordinasi untuk memasang kelengkapan rambu-rambu jalan. Akan kita optimalkan, sehingga masyarakat bisa menggunakan dengan ada rasa nyaman,” kata Nana.

Lebih lanjut Nana menjelaskan, jalan tol akan dibuka satu ruas dari arah Colomadu menuju Karanganom Klaten hingga 31 Desember 2023.

Sementara, untuk arah sebaliknya akan dibuka pada 1-3 Januari 2024 mulai pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB.

“Bagi pengendara yang melintas tetap berhati-hati, mengingat pengerjaan jalan yang belum tuntas. Oleh karena itu, keselamatan harus menjadi prioritas utama,” pungkasnya. (Bud)