Tanggal Ini Bakal Diwaspadai Pertamina Jadi Puncak Konsumsi BBM Saat Natal

Aktitas Pembelian BBM di SPBU

Semarang, Idola 92,6 FM-Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah memberi catatan penting, terkait puncak konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) menjelang perayaan Natal.

Pada saat puncak konsumsi BBM menjelang Natal, diperkirakan terjadi kenaikan sebesar 12 persen dari konsumsi normal.

General Manager Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah Aji Anom Purwasakti mengatakan saat ini stok BBM per 11 Desember 2023 mencapai 17.107 Kilo Liter (KL) per hari untuk jenis Pertalite dan Pertamax sebanyak 3.414 KL per hari serta 63 KL per hari untuk jenis Pertamax Turbo. Hal itu dikatakan saat ditemui di Semarang, belum lama ini.

Sementara untuk jenis Biosolar tercatat ada 6.429 KL per hari, dan Pertamina Dex sebanyak 137 KL per hari.

Anom menjelaskan, pihaknya menyiagakan dan menyediakan BBM di jalur-jalur yang dilalui masyarakat saat libur Natal dan Tahun Baru.

Mulai dari jalur jalan tol, jalur pantura maupun jalur tengah dan jalur selatan di wilayah Jateng-DIY.

Menurut Anom, jalur-jalur tersebut disiapkan SPBU untuk melayani penjualan BBM yang disuplai dari tujuh terminal BBM.

Hal tersebut bertujuan, agar pasokan BBM selama Natal dan Tahun Baru berjalan lancar tanpa gangguan berarti.

“Ada hari-hari puncak yaitu sebelum Natal pada Jumat-Sabtu (22-23/12), itu diperkirakan akan naik sampai dengan 12 persen. Nanti sebelum Tahun Baru di tanggal 30 atau 31 Desember itu juga hari puncak, yang mungkin naiknya bisa sampai 12 persen,” kata Anom.

Lebih lanjut Anom menjelaskan, pihaknya juga menyiagakan agen siaga atau pangkalan elpiji di wilayah Jateng-DIY guna melayani masyarakat saat libur Natal dan Tahun Baru.

Tahun ini, pihaknya memerkirakan konsumsi elpiji akan mengalami kenaikan sebesar delapan persen dari kondisi normal dari 4.638 Metric Ton (MT) menjadi 4.860 MT.

“Total elpiji diperkirakan meningkat 4,8 persen,” pungkasnya. (Bud)