Dukung Kelancaran Arus Lalin Saat Nataru, PLN Siagakan 34 SPKLU

Personel PLN
Personel PLN saat melakukan pemeriksaan peralatan penunjang di masa siaga Nataru.

Semarang, Idola 92,6 FM-Dalam rangka mendukung kelancaran arus lalu lintas saat masa libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah-Yogyakarta menyiapkan infrastruktur penunjang.

Maraknya arus lalu lintas dengan kendaraan listrik saat Nataru, mendapatkan perhatian khusus dari PLN.

Guna memenuhi kebutuhan pengguna kendaraan listrik, PLN telah memersiapkan 34 titik lokasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di 24 kabupaten/kota di wilayah Jateng-DIY.

General Manager PLN UID Jateng-DIY Soffin Hadi mengatakan pengguna kendaraan listrik cukup membuka aplikasi PLN Mobile, untuk mendapatkan informasi letak SPKLU terdekat. Pernyataan itu disampaikan melalui siaran pers, hari ini.

Menurut Soffin, pengisian listrik melalui SPKLU juga dapat dioperasikan dengan PLN Mobile.

“Sistem kelistrikan di wilayah Jawa Tengah dan DIY pada saat ini dalam kondisi aman. Kelistrikan Jawa Tengah dan DIY didukung dengan enam subsistem dengan total pasokan sebesar 7.184 MW, sedangkan beban puncak sebesar 5.108 MW sehingga masih ada cadangan daya 2.076 MW,” kata Soffin.

Lebih lanjut Soffin menjelaskan, selama masa siaga PLN menerjunkan sebanyak 4.085 personel di 34 posko siaga dan 82 Unit Layanan Pelanggan (ULP) maupun Distribution Control Centre (DCC) di seluruh wilayah Jateng-DIY.

PLN juga menyiagakan 14 tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB), dengan 102 personel yang tersebar di setiap posko.

“Untuk mendukung kinerja di lapangan, PLN membekali personel dengan peralatan pendukung meliputi 14 unit kendaraan PDKB sentuh langsung, 120 Unit Gardu Bergerak, 39 unit Uninterruptible Power Supply Mobile dan 85 unit genset,” jelasnya.

Soffin menyebut ada 133 lokasi tempat ibadah (gereja), 144 lokasi instansi pemerintah, 51 lokasi transportasi, 24 lokasi tempat wisata dan 14 lokasi rest area mendapat pengawalan kelistrikan. (Bud)