Polda Jateng Prediksi 35 Ribu Kendaraan Lintasi GT Kalikangkung Saat Nataru

Gerbang Tol Kalikangkung
Kendaraan pemudik saat melintas di Gerbang Tol Kalikangkung.

Semarang, Idola 92,6 FM-Polda Jawa Tengah menyebar 15.250 personel gabungan, untuk mengamankan perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Belasan ribu personel itu, disebar di 278 pos pelayanan dan pos keamanan maupun pos terpadu di wilayah Jateng.

Kapolda Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan seluruh personel yang dikerahkan itu, untuk mengamankan pergerakan masyarakat maupun kegiatan ibadah Natal di sejumlah gereja di Jateng. Pernyataan itu dikatakan usai memimpin apel gelar pasukan Operasi Lilin Candi 2023 di Lapangan Simpang Lima, Jumat (22/12).

Kapolda menjelaskan, terkait dengan pergerakan atau mobilitas masyarakat saat libur Nataru sudah mulai terlihat peningkatan.

Tercatat, sejak Senin (18/12) kemarin kendaraan yang melintas di Gerbang Tol Kalikangkung Semarang rerata sebanyak seribu kendaraan.

“Jadi per hari ini sudah 26 ribu kendaraan yang melintas. Estimasi puncaknya pada hari Sabtu dan Minggu besok, dengan perkiraan ada 35 ribu kendaraan. Kalau dibandingkan dengan tahun 2022, ada peningkatan 143 persen untuk masyarakat yang mudik ke wilayah Jawa Tengah,” kata kapolda.

Lebih lanjut kapolda menjelaskan, terkait kelancaran arus lalu lintas di jalan tol di wilayah Jateng juga telah dilakukan pengamanan dan penempatan personel.

Mulai dari pintu tol Brebes hingga masuk wilayah Jawa Timur maupun di ruas jalan tol fungsional Solo-Yogya, juga telah ditempatkan tim urai kemacetan.

“Kami juga siapkan skenario mana kala terjadi bottle neck di sekitar rest area. Jadi di pintu masuk rest area kita siapkan petugas untuk mengatur kelancaran,” jelasnya.

Kapolda mengimbau kepada pemudik yang akan masuk wilayah Jateng, agar memersiapkan kendaraan sebelum melakukan perjalanan jauh dan menjaga kesehatan fisik.

Apabila merasa lelah saat melakukan perjalanan jauh, usahakan berhenti di tempat aman atau berhenti di pos polisi maupun kantor polisi terdekat.

“Tidak usah dipaksakan, karena mudik itu kan tradisi. Semoga selamat sampai tujuan,” tandasnya. (Bud)