Sambut Nataru, Pertamina Perkuat Pasokan BBM di Karimunjawa

Armada truk tangki ke Karimunjawa
Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah saat mengirim bantuan armada truk tangki ke Karimunjawa menggunakan kapal milik TNI AL

Semarang, Idola 92,6 FM-Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah melakukan perkuatan stok BBM, yang ada di kepulauan Karimunjawa Jawa Kabupaten Jepara.

General Manager Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah Aji Anom Purwasakti mengatakan pihaknya menambah kapasitas volume Bahan Bakar Minyak (BBM), untuk wilayah kepulauan Karimunjawa di Kabupaten Jepara menjelang masa libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Pernyataan itu dikatakan saat ditemui di Semarang, belum lama ini.

Menurut Aji Anom, pihaknya menyiagakan dua armada mobil tangki di Karimunjawa untuk cadangan BBM dan kapal pengangkutnya.

Nantinya, kapal pengangkut BBM frekuensinya juga akan ditambah dan dioptimalkan agar BBM tetap tersedia.

Aji Anom menjelaskan, wilayah Karimunjawa Jepara menjadi perhatian khusus pihaknya karena biasanya saat masa angin kencang berpengaruh pada tinggi gelombang.

Akibatnya, muncul adanya larangan berlayar bagi kapal yang akan menuju ke Karimunjawa.

“Sehingga, kami siapkan storage yang lebih besar di sana (Karimunjawa). Setiap kali pengiriman di masa sebelum Natal itu stok di sana, baik itu untuk Pertalite maupun Solar lebih besar dari normal. Saat ini storage di sana untuk Pertalite sekitar 30 KL dan untuk Solar sekitar 75 KL,” kata Aji Anom.

Lebih lanjut Aji Anom menjelaskan, pihaknya juga melakukan langkah antisipasi karena sudah memasuki masa musim hujan.

Biasanya, saat musim hujan sering terjadi bencana banjir maupun tanah longsor atau angin puting beliung yang dikhawatirkan mengganggu proses distribusi penyaluran BBM maupun elpiji.

“Kalau ada kejadian atau bencana, kami akan aktifkan rute-rute alternatif emergency untuk suplai maupun pengamanan pasokan,” pungkasnya. (Bud)