Wapres Minta Prioritaskan Perlindungan Terhadap Anak

Peringatan Hari Anak Nasional
Wapres KH Ma'ruf Amin foto bersama anak-anak di puncak Peringatan Hari Anak Nasional di Semarang.

Semarang, Idola 92,6 FM – Memeringati Hari Anak Nasional tahun ini, Wapres KH Ma’ruf Amin meminta jajaran pemerintah hingga daerah untuk memprioritaskan perlindungan terhadap anak-anak.

Terutama, dalam hal penyelenggaraan pengembangan kebijakan dan program yang kreatif dan inovatif.

Wapres KH Ma’ruf Amin mengatakan seluruh jajaran pemerintah harus menjamin pemenuhan hak anak untuk hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan. Hal itu dikatakan saat menghadiri puncak peringatan Hari Anak Nasional di Lapangan Simpang Lim Semarang, Minggu (23/7) sore.

Menurut wapres, jajaran pemerintah dari pusat sampai daerah juga harus memastikan anak-anak mendapat perlindungan dari segala bentuk kekerasan dan diskriminasi.

Oleh karena itu, negara juga harus memastikannya karena masa depan Indonesia yang cerah berada di tangan anak-anak.

“Hari Anak Nasional membawa makna penting karena merupakan penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak anak-anak sebagai generasi penerus kita. Amanat ini adalah tanggung jawab seluruh elemen bangsa,” kata wapres.

Lebih lanjut wapres menjelaskan, pada 2045 mendatang Indonesia akan genap berusia satu abad.

Momentum tersebut menjadi salah satu alasan, munculnya gagasan membangun Generasi Emas 2045 untuk mengisi tampuk kepemimpinan di masa depan.

“Untuk itu, diperlukan kerja sama semua pihak untuk mewujudkan gagasan tersebut guna mempersiapkan bangsa Indonesia menjadi lebih kuat dan maju,” pungkasnya. (Bud)