Ada Dua Agenda Nasional di Solo, Pelaku UMKM Siap Pesta Berkah

Ema Rachmawati
Ema Rachmawati, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Jateng.

Semarang, Idola 92,6 FM-Dua agenda nasional dipusatkan di Kota Surakarta, yakni HUT ke-44 Dekranas dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-52 PKK.

Pemprov Jawa Tengah menyebut, dua agenda nasional yang digelar di Kota Solo itu diharapkan membawa dampak ekonomi bagi warga.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Jateng Ema Rachmawati mengatakan pemprov bersama pihak terkait, siap menyambut tamu-tamu yang hadir di ajang tersebut. Pernyataan itu dikatakan saat ditemui di sela pemantauan kesiapan di Taman Balekambang, kemarin.

Menurutnya, kesiapan yang dibutuhkan terkait konsumsi dan keamanan di lokasi acara.

Ema menjelaskan, kegiatan dimulai pada 14 Mei 2024 dengan Jambore PKK.

Kesiapan menggelar dua agenda tingkat nasional diharapkan membawa dampak positif bagi warga.

“Yang jelas UMKM pasti bergerak semua. Hotel saja ini sudah penuh, transportasi bahkan MUA sudah habis. Kemudian penari banyak disewa, juga mobil hias. Makanan di sini kan full katering, masing-masing provinsi cari makan sendiri. Sudah saya sampaikan daftar katering, UKM pasti terangkat,” kata Ema.

Lebih lanjut Ema menjelaskan, kegiatan HUT Dekranas dan HKG PKK tingkat nasional didukung Bank Jateng dengan sokongan suvenir dan makan gratis.

“Untuk acara makan gratis bagi kader PKK, nanti disediakan makanan khas Solo di Balekambang. Ada menu khas HIK, tengkleng, nasi liwet, gempol pleret hingga es puter,” jelasnya.

Diketahui, rangkaian kegiatan berlangsung mulai 14-18 Mei 2024 diawali welcome dinner di Pamedan Pura Mangkunegaran.

Sementara puncak HKG PKK ke 52 diselenggarakan pada 16 Mei 2024 di Balekambang, dan rangkaian acara berakhir pada 18 Mei 2024 di Pamedan Mangkunegaran. (Bud)