Apa Kabar Mimpi Indonesia Incorporated?

Mimpi Indonesia
Ilustrasi/Istimewa

Semarang, Idola 92.6 FM – Konsep “Indonesia Incorporated” dalam beberapa tahun belakangan terus didengungkan. Namun, upaya itu bukan perkara mudah untuk mewujudkannya. Salah satunya mesti ditopang dengan undang-undang yang ramah pada investasi.

Foreign Direct Investment (FDI) atau investasi langsung dari luar negeri adalah salah satu ciri penting dari sistem ekonomi yang kian mengglobal. Ia bermula saat sebuah perusahaan dari satu negara, yang menanamkan modalnya dalam jangka panjang ke sebuah perusahaan di negara lain.

Akan tetapi, terkait upaya memikat investor ini, kita masih memiliki hambatan institusi dan regulasi. Hal itu dinilai menghambat investasi dan menyebabkan ketidakpastian berbisnis.

Maka, apa kabar mimpi Indonesia Incorporated? Sudah sampai di mana posisi kita? Dan, apa saja upaya yang mesti dilakukan untuk mengakselerasinya?

Untuk memperoleh gambaran atas persoalan ini, radio Idola Semarang berdiskusi dengan narasumber Ekonom Universitas Indonesia, Fithra Faisal Hastiadi. (her/yes/ao)

Simak podcast diskusinya: