Asyiknya Urus JKN Lewat BPJS Keliling

Mobil keliling BPJS Kesehatan
Sejumlah masyarakat saat memanfaatkan kehadiran mobil keliling BPJS Kesehatan.

Semarang, Idola 92,6 FM-BPJS Kesehatan Cabang Semarang memudahkan masyarakat di Kota Semarang maupun Kabupaten Demak, dengan jemput bola menggunakan mobil keliling BPJS Kesehatan.

Bahkan, lewat mobil keliling BPJS Kesehatan juga memudahkan masyarakat mendaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Semarang Andi Ashar mengatakan mobil keliling BPJS Kesehatan untuk di wilayah Kota Semarang, akan mudah dijumpai di Puskesmas Rowosari setiap tanggal 17 dan Kelurahan Plamongansari tanggal 18 serta Puskesmas Gunungpati tanggal 23. Hal itu disampaikan melalui siaran pers, kemarin.

Andi menjelaskan, jadwal berikutnya di Puskesmas Ngemplak setiap tanggal 24, Puskesmas Srondol tanggal 25 dan Puskesmas Kedungmundu setiap tanggal 3.

Sedangkan di Kabupaten Demak, mobil keliling BPJS Kesehatan mengunjungi Desa Rejosari setiap tanggal 23 dan Puskesmas Sayung 2 tanggal 25 serta Puskesmas Dempet pada tanggal 30.

Menurut Andi, pelayanan mobil keliling BPJS Kesehatan dapat diakses pada pukul 8.30 sampai pukul 12.00 WIB setiap hari Senin dan hari Jumat pada pukul 08.00 sampai 11.00 WIB.

“Melalui layanan ini peserta dapat mengakses pendaftaran dan perubahan data peserta, pelayanan Skrining Riwayat Kesehatan serta pelayanan informasi dan pengaduan yang akan langsung kami eskalasi untuk memperoleh tindak lanjut,” kata Andi.

Lebih lanjut Andi menjelaskan, petugas BPJS Kesehatan juga memberikan informasi berbagai kemudahan pelayanan administrasi yang bisa diakses melalui Aplikasi Mobile JKN atau Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (Pandawa) dan layanan Chat Assistant JKN (CHIKA) serta Care Center 165.

“Pemanfaatan Aplikasi Mobile JKN memang selalu kami pasarkan ke peserta. Terkadang beberapa kalangan masyarakat masih awam dengan fitur-fitur yang terakomodir dalam Aplikasi Mobile JKN. Padahal jika mereka sudah memahami dipastikan akan lebih memilih berbagai pelayanan administrasi melalui Aplikasi Mobile JKN,” jelasnya.

Saat ini, Aplikasi Mobile JKN telah dilengkapi berbagai fitur selain kartu KIS Digital dan perubahan fasilitas kesehatan serta pendaftaran atau penambahan peserta baru.

Aplikasi ini juga memiliki fitur I Care JKN untuk melihat riwayat pelayanan kesehatan peserta. (Bud)