Cegah Laka Lantas, Petugas Gabungan Lakukan Operasi ke Terminal Bus

AKBP Yunaldi
Kasatlantas Polrestabes Semarang AKBP Yunaldi saat memberi imbauan kepada penumpang untuk tidak segan menegur sopir yang ugal-ugalan.

Semarang, Idola 92,6 FM-Dalam rangka mencegah terjadi kecelakaan lalu lintas yang berakibat fatal, Satlantas Polrestabes Semarang bersama Dinas Perhubungan dan Jasa Raharja menggelar operasi di terminal bus bayangan di exit tol Srondol, Sabtu (18/5).

Tidak hanya sekadar memeriksa kelaikan kendaraan dan surat kelengkapan, petugas juga melakukan pemeriksaan kesehatan serta tes narkoba terhadap sopir maupun kernet bus.

Kasatlantas AKBP Yunaldi mengatakan kegiatan yang dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Jawa Tengah itu, dalam upaya pencegahan kejadian kecelakaan lalu lintas dengan melibatkan armada bus umum ataupun pariwisata.

Hal itu juga sebagai upaya antisipasi, karena kasus kecelakaan lalu lintas di wilayah Subang Jawa Barat yang mengakibatkan belasan korban meninggal dunia.

Yunaldi menjelaskan, karena sebentar lagi juga memasuki masa libur sekolah maka pihaknya berupaya mencegah tidak ada kendaraan angkutan umum yang tidak laik jalan.

Sebab, kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi itu tidak hanya karena kendaraan tidak laik jalan tapi juga adanya sikap ugal-ugalan dari pengemudi angkutan umum.

“Kepada sopir bus kita ingatkan jangan ugal-ugalan saat membawa kendaraan, dan bagi penumpang juga jangan takut mengingatkan sopir untuk tidak ugal-ugalan,” kata Yunaldi.

Sementara itu salah satu penumpang bus, Rahma Wulan mengaku kaget karena bus yang ditumpangi dihentikan petugas kepolisian dan Dinas Perhubungan.

Namun setelah mendapat penjelasan, dirinya paham jika kegiatan tersebut guna memberikan rasa aman dan keselamatan bagi para penumpang.

Rahma menjelaskan, dirinya selama naik bus maupun travel juga pernah merasakan dan mendapat sopir membawa kendaraan secara ugal-ugalan.

“Saya pernah mengingatkan kepada sopirnya agar tidak ugal-ugalan. Sebagai penumpang, saya mendukung langkah dari pihak kepolisian yang menjaga keselamatan para penumpang selama di jalan,” ucap Rahma.

Rahma berharap, kegiatan serupa bisa terus dijalankan untuk keselamatan semua pihak di jalan. (Bud)