Cuti Panjang Lebaran, BPJS Kesehatan Cabang Semarang Tetap Beri Layanan

BPJS Kesehatan Cabang Semarang
Petugas BPJS Kesehatan Cabang Semarang sedang melayani peserta JKN.

Semarang, Idola 92,6 FM-Selama periode cuti Lebaran, BPJS Kesehatan Cabang Semarang berkomitmen memudahkan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dengan memberikan akses pelayanan kesehatan yang diperlukan.

Komitmen tersebut mengacu pada prinsip portabilitas, yang telah diterapkan BPJS Kesehatan.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Semarang Fitria Nurlaila Pulukadang mengatakan dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan kepada pemudik selama libur Lebaran, pihaknya telah menyiapkan posko mudik mulai 5-9 April 2024. Hal itu dikatakan saat ditemui di kantornya, Rabu (20/3).

Fitria menjelaskan, pada saat masa libur Lebaran tahun ini pihaknya memastikan jika layanan BPJS Kesehatan yang ada di Kota Semarang dan Kabupaten Demak tetap berjalan normal.

Terlebih lagi, bagi pemudik asal Jabodetabek yang datang ke Kota Semarang dan membutuhkan layanan BPJS Kesehatan.

Menurutnya, layanan BPJS Kesehatan buka pada 8-9 April dan 12 dan 15 April 2024 mulai pukul 08.00-12.00 WIB.

Tidak hanya layanan tatap muka, tapi pihaknya juga tetap memberikan layanan non-tatap muka melalui kanal yang disediakan.

“Ini yang paling penting, bahwa sebaiknya sebelum tanggal 10. Itu untuk memudahkan pembayaran iuran ada banyak kanal yang bisa diakses. Biasanya kalau sudah lewat tanggal 10 itu ada masalah bisa dihindari,” kata Fitria.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Abdul Hakam menambahkan, selama libur Lebaran pihaknya menyiapkan posko terpadu maupun puskesmas siaga dan juga rumah sakit milik Pemkot Semarang.

Menurutnya, pelayanan kesehatan tetap diberikan meskipun masa periode libur cuti panjang Lebaran.

“Jadi tanggal 3 Maret sudah mulai posko yang disebar di 13 titik. Ada yang tiga shift dan ada dua shift. Posko kesehatan yang buka tiga shift itu ada di exit tol Srondol, exit tol Mangkang, Gerbang Tol Kalikangkung dan di posko Simpang Lima,” ujar Hakam.

Lebih lanjut Hakam menjelaskan, posko terpadu yang disiapkan itu tidak hanya melayani para pemudik saja tapi juga warga Kota Semarang. (Bud)