Dukung Wisata Super Prioritas Candi Borobudur, Sekarang Wisatawan Bisa Nikmati Dengan VR Metaverse

Metaverse Borobudur
Sejumlah mahasiswa Binus University Semarang mencoba Metaverse Borobudur.

Semarang, Idola 92,6 FM-Mau mencoba berwisata ke Candi Borobudur tapi dengan cara yang tidak biasa?

Ingin merasakan sensasi lain dari Candi Borobudur tanpa datang langsung?

Binus University Semarang menghadirkan Metaverse Borobudur, yakni dengan mengajak masyarakat berkeliling Candi Borobudur dengan virtual reality (VR).

Inisiatif tersebut menggabungkan teknologi terbaru, antara pendidikan dengan pariwisata.

Dosen School of Information Systems Binus University Siti Elda Hierera mengatakan hal tersebut dilakukan, guna menjawab tantangan dan peluang yang ditawarkan era digital. Pernyataan itu dikatakan saat ditemui di kampus Binus University, kemarin.

Elda menjelaskan, Metaverse Borobudur tidak hanya menjadi sebuah pengalaman virtual biasa tetapi juga sebuah langkah nyata untuk memanfaatkan teknologi terbaru.

Sehingga menciptakan pengalaman berwisata yang lebih mendalam, interaktif dan edukatif bagi masyarakat.

Menurutnya, alasan memvisualisasikan Candi Borobudur ke dalam metaverse adalah untuk mengangkat sejarah Candi Borobudur agar dikenal luas masyarakat.

“Anak muda saat ini mulai meninggalkan sejarah nenek moyang terdahulu. Sasaran dari prototyping ini adalah generasi Z. Harapannya ke depan, mereka akan aware terhadap warisan nenek moyang,” kata Elda.

Campus Director Binus University Semarang Bambang Dwi Wijanarko menambahkan, metaverse Binus berhasil menggabungkan pembelajaran dengan pariwisata.

Pihaknya akan terus konsisten dalam mengembangkan inovasi di dunia digital, dengan mengadopsi teknologi terbaru yang mendukung proyek-proyek seperti Metaverse Borobudur.

Menurut Bambang, Metaverse Borobudur menjadi sebuah inovasi untuk meningkatkan kepuasan wisatawan, memberikan pengalaman imersi serta meningkatkan pemahaman tentang sejarah dan budaya lokal selama berwisata.

“Kami selalu memberikan dukungan yang kuat terhadap pengembangan teknologi Metaverse, apalagi sebenarnya pembelajaran Metaverse ini ada juga pada minor program Binus Semarang,” ucap Bambang. (Bud)