Going Global, PGN Deal Jual Beli LNG Internasional

Kargo LNG
photo/istimewa

Semarang, Idola 92,6 FM-Subholding Gas Pertamina PT PGN Tbk melaksanakan bisnis jual beli LNG trading internasional, dengan tujuan negara China.

Pengiriman pertama LNG kargo Internasional PGN dikirim ke pasar China pada 9 Feb 2024.

Direktur Utama PGN Arief S Handoko mengatakan cita-cita Going Global Business, mendorong PGN untuk mewujudkan bisnis tersebut. Hal itu disampaikan melalui siaran pers, hari ini.

Arief menjelaskan, bisnis LNG internasional dengan tujuan negara China telah dijajaki sejak 2020-2021 bersama penyedia dan pembeli hingga akhirnya mencapai kesepakatan untuk realisasi pengiriman LNG tahun ini.

Dalam prosesnya, PGN berkomunikasi secara intensif dengan LNG suplier serta pembeli potensial.

Selain itu, market intelligence juga dilakukan untuk pemasaran dan penetrasi LNG skala regional maupun global.

“Manuver ini menjadi realisasi ekspansi bisnis global dan diversifikasi bisnis PGN untuk masuk ke dalam bisnis LNG internasional, dengan memiliki portofolio penjualan energi tingkat global. LNG penting bagi rantai supply yang dimiliki PGN dan diharapkan menjadi penggerak revenue dari bisnis LNG internasional pada tahun 2024,” kata Arief.

Lebih lanjut Arief menjelaskan, kerja sama tersebut memberikan keuntungan bagi PGN untuk penciptaan milestone penting dalam bisnis LNG global.

Sehingga, menimbulkan kesadaran akan kehadiran PGN kepada para pemain LNG skala global.

Selain itu, PGN menambah jejaring untuk menjalin hubungan baik dengan pemain internasional.

“Kami menekankan perhitungan bisnis dan GCG dilaksanakan dengan prudent, agar upaya PGN dalam memasuki pasar LNG internasional memiliki dampak keekonomian bagi perusahaan maupun negara. Namun juga tetap memberikan prioritas gas bumi untuk pemenuhan energi dalam negeri agar keekonomian dan ketahanan energi terjaga,” jelasnya.

Diketahui, diversifikasi bisnis LNG internasional di PGN didorong pertumbuhan permintaan LNG di beberapa negara termasuk China.

Potensi untuk pasar global cukup menarik, mengingat LNG memiliki keunggulan jika dibandingkan gas pipa.

LNG dapat diangkut dalam jarak jauh dan disalurkan ke pusat-pusat permintaan dalam waktu yang relative lebih cepat, serta dapat diperdagangkan di pasar terbuka.

PGN memanfaatkan keunggulan ini dengan kapabilitas LNG portofilio untuk menjadi LNG Player tingkat internasional.

Secara bertahap, infrastruktur diupayakan agar semakin andal serta meningkatkan komunikasi bisnis baik dengan penyedia dan pembeli LNG di pasar global.

Milestone penjualan LNG global sebagai bagian dari rencana jangka panjang PGN, dalam menjaga pertumbuhan bisnis.

Ke depannya, PGN juga akan berusaha meningkatkan volume perdagangan LNG internasional melalui inisiatif yang sedang dijajaki saat ini termasuk potensi diversifikasi bisnis LNG lainnya seperti Gasing Up Cooling Down, revitalisasi dan pembangunan tangki penyimpanan LNG baru maupun LNG Bunkering yang akan dikerjakan oleh PGN maupun anak usahanya. (Bud)