Hadapi Arus Mudik Lebaran, Bandara Ahmad Yani Mitigasi Potensi Gangguan Penerbangan

Memeriksa landas pacu
Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang bersama stakeholder saat memeriksa landas pacu.

Semarang, Idola 92,6 FM-Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang melakukan berbagai persiapan, dalam rangka menyambut angkutan mudik Lebaran 2024.

Hal tersebut merupakan komitmen sekaligus upaya bandara, untuk memberikan pelayanan prima kepada para pengguna jasa dalam hal keamanan dan juga kenyamanan saat melakukan perjalanan menggunakan moda tranportasi udara melalui bandara.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang Fajar Purwawidada mengatakan ada beberapa potensi yang bisa membahayakan keselamatan penerbangan, telah dilakukan mitigasi dan dikoordinasikan untuk langkah penanganannya. Hal itu dikatakan saat ditemui di kantornya, Selasa (5/3).

Fajar menjelaskan, menjelang Hari Raya Idul Fitri pada April 2024 mendatang pihaknya telah menyiapkan sejumlah sarana prasarana penunjang keselamatan penerbangan di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang.

Yakni melalui kegiatan Runway Safety Team (RST), bersama seluruh stakeholder di wilayah Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani.

Menurut Fajar, dengan menyamakan visi misi keselamatan penerbangan di bandara maka faktor keselamatan bisa diutamakan.

Nantinya, pada saat membuka posko angkutan Lebaran di bandara bisa berjalan dengan aman dan lancar serta memberikan pelayanan terbaik bagi penumpang di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang.

“Kita memasang lebih dari 20 CCTV di sepanjang runway kita, sehingga bisa memonitor semua FOD maupun kendala-kendala yang ada di runway kita. Itu semua untuk meningkatkan safety di bandara kita,” kata Fajar.

Lebih lanjut Fajar menjelaskan, sebagai pintu masuk jalur penerbangan di wilayah Jawa Tengah khususnya Kota Semarang maka pihaknya memastikan keamanan dan kenyamanan para pengguna jasa dalam melakukan perjalanan menggunakan transportasi udara.

Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang telah mengoptimalkan kesiapan jumlah personel untuk kesiapan pelayanan.

“Kita siapkan kapasitas penumpang guna memberikan pelayanan maksimal kepada penumpang, dan maskapai dalam rangka melaksanakan pelayanan kepada masyarakat selama periode Liburan Lebaran Tahun 2024. Segala sesuatu yang berkaitan dengan kondisi yang memerlukan penanganan cepat, hingga kesiapan atas kondisi terburuk,” pungkasnya. (Bud)