Ini Alasan Kota Semarang Dipilih Jadi Tuan Rumah Harganas ke-31

Hari Keluarga Nasional
ilustrasi/istimewa

Semarang, Idola 92,6 FM-Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) memilih Kota Semarang dan Provinsi Jawa Tengah, menjadi tuan rumah puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 pada 13 Juni 2024 mendatang.

BKKBN punya alasan dalam pemilihan tersebut, salah satunya karena Indeks Pembangunan Keluarga Provinsi Jateng dan Kota Semarang sudah di atas rerata nasional.

Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KS-PK) BKKBN Nopian Andusti mengatakan dengan skala 1-100, Kota Semarang sudah di angka 59 lebih, dan Jateng di angka 58 sementara angka nasional ada di 56. Hal itu dikatakan usai bertemu Pj Gubernur Nana Sudjana di kantor gubernuran, belum lama ini.

Nopian menjelaskan, indeks Pembangunan Keluarga di dalamnya ada dimensi ketentraman dan kebahagiaan serta kemandirian.

Jateng mempunyai banyak program pencegahan stunting dan mencegah pernikahan usia dini, sementara Kota Semarang diketahui prevalensi stunting pada 2022 sudah berada pada angka 10,4 persen jauh di bawah target pemerintah pusat sebesar 14 persen.

“Penunjukkan Kota Semarang sebagai tuan rumah Hari Keluarga Nasional ke-31 tahun 2024 ini, sedianya akan kita laksanakan pada 13 Juni yang akan datang. Ada beberapa alasan mengapa dipilih Kota Semarang Jawa Tengah sebagai tuan rumah, salah satunya indeks pembangunan keluarganya ini jauh di atas rata-rata nasional,” kata Nopian.

Sementara Pj Gubernur Nana Sudjana menambahkan, penunjukan Jateng sebagai tuan rumah merupakan momentum yang tepat.

Sebab, pemerintah pusat dan pemprov sedang fokus untuk menekan angka stunting dengan target 14 persen pada tahun ini.

“Tentu kami berterima kasih karena memilih Jawa Tengah sebagai tuan rumah. Nanti akan kami siapkan. Kota Semarang bagus juga, tidak terlalu macet dan kulinernya juga banyak, jadi pas,” ucap Nana. (Bud)