Jateng Target Raih 5 Besar di MTQ Tingkat Nasional September Mendatang

MTQ tingkat provinsi
Pj Gubernur Jateng menyerahkan hadiah kepada salah satu pemenang MTQ tingkat provinsi.

Semarang, Idola 92,6 FM – Pemprov Jawa Tengah memasang target, untuk bisa meraih peringkat lima besar di ajang penyelenggaraan MTQ tingkat nasional pada September 2024 di Kalimantan Timur.

Pada gelaran MTQ tingkat nasional sebelumnya, Jateng menempati peringkat ke-10 dari 38 provinsi.

Pj Gubernur Nana Sudjana mengatakan pada penyelenggaraan MTQ tingkat nasional tahun ini yang akan dilaksanakan di Kalimantan Timur, pihaknya memasang target peningkatan peringkat dengan masuk lima besar. Hal itu dikatakan usai menutup kegiatan MTQ tingkat provinsi di Alun-alun Pati, kemarin.

Nana menjelaskan, para juara di tingkat provinsi selanjutnya akan dilakukan pemantapan guna mewakili Jateng di MTQ tingkat nasional.

Para pemenang tingkat provinsi, akan diseleksi kembali sesuai dengan jumlah kategori yang dilombakan pada tingkat nasional.

“Tentunya kami memasang target berupaya masuk di lima besar. Setelah ini kami akan membentuk tim kecil untuk menyeleksi kembali para juara di tingkat provinsi, dan kita persiapkan untuk di bulan September nanti,” kata Nana.

Sementara Sekda Jateng Sumarno menambahkan, perhelatan MTQ tingkat provinsi sebagai sarana penjaringan kafilah yang akan mewakili Jateng di MTQ tingkat nasional.

“Kita selenggarakan MTQ lebih awal, karena hasil evaluasi tahun-tahun sebelumnya prestasi kita untuk nasional masih belum memuaskan. Harapannya karena lebih awal masih punya banyak waktu untuk menyiapkan pemenang dan di-upgrade lagi,” ucap Sumarno.

Menurut Sumarno, para pemenang di tingkat provinsi nantinya akan dikelompokkan di satu pondok pesantren (ponpes) paling tidak sepekan.

Hal itu dilakukan, untuk memersiapkan keterampilan di ajang MTQ tingkat nasional. (Bud)