Kabar Baik, Optimisme Konsumen Jateng Meningkat

Ndari Surjaningsih
Ndari Surjaningsih, Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jateng.

Semarang, Idola 92,6 FM-Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah mencatat, optimisme konsumen terhadap perekonomian di provinsi ini meningkat.

Hal tersebut terlihat dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Januari 2024, yang naik menjadi 135,28 dibanding Desember 2023 hanya 133,33

Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jateng Ndari Surjaningsih mengatakan optimisme konsumen yang meningkat itu, sejalan dengan hasil survei konsumen secara nasional.

Selain itu juga terlihat dari perkembangan di Kota Semarang, Solo, Purwokerto dan Tegal.

Ndari menjelaskan, peningkatan optimisme konsumen ditopang indikator saat ini dan ekspektasi ke depan.

Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) Januari 2024 tercatat sebesar 120,63 didukung indikator penghasilan konsumen, ketersediaan lapangan kerja, dan konsumsi barang-barang kebutuhan tahan lama.

“Persepsi masyarakat terhadap kondisi ekonomi enam bulan ke depan (Indeks Ekspektasi Konsumen-IEK) berada di level 149,93 meningkat dibandingkan Desember 2023 (146,59),” kata Ndari.

Lebih lanjut Ndari menjelaskan, kuatnya optimisme dimaksud didukung komponen ekspektasi penghasilan dan ketersediaan lapangan kerja serta kegiatan atan usaha.

Dengan mempertimbangkan indikator di atas, maka optimisme konsumen ke depan diprakirakan masih akan meningkat dan kuat. (Bud)