Literasi Masyarakat Jateng Untuk Gemar Membaca dan Berkunjung ke Perpustakaan Terus Ditingkatkan

Literasi

Semarang, Idola 92,6 FM-Literasi membaca masyarakat Jawa Tengah terus ditingkatkan, tidak hanya mengajak untuk meningkatkan minat membaca saja tapi juga menyediakan fasilitas membaca.

Salah satunya dengan meningkatkan fasilitas yang ada di Perpustakaan Provinsi Jateng, dan memerluas gedung perpustakaan.

Pj Gubernur Nana Sudjana mengatakan perluasan gedung Perpustakaan Provinsi Jateng, seiring dengan banyaknya jumlah pengunjung. Hal itu dikatakan di sela meninjau progres pembangunan perluasan gedung Perpustakaan Provinsi Jateng, belum lama ini.

Nana menjelaskan, pada tahun kemarin ada 239 ribu lebih pengunjung yang datang ke Perpustakaan Provinsi Jateng dan tiga juta pengunjung online per tahunnya.

Dengan pembangunan gedung Perpustakaan Provinsi Jateng, akan semakin menarik masyarakat berkunjung ke perpustakaan.

Menurut Nana, nantinya literasi masyarakat pun akan semakin meningkat.

“Perpustakaan merupakan jendela dunia. Dari sinilah tempatnya untuk belajar, juga untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, memantapkan dan menambah wawasan. Itulah kemudian kami perlu mengembangkan perpustakaan ini,” kata Nana.

Lebih lanjut Nana menjelaskan, dengan pembangunan yang saat ini dilaksanakan akan ada tambahan luasan 1.175 meter persegi dan ditargetkan selesai pada September 2024.

Dengan perluasan tersebut, koleksi buku yang dimiliki akan bisa lebih banyak dari saat ini memiliki lebih dari 130 ribu judul buku bisa menambah koleksi lima ribu judul buku per tahun.

“Pembangunan gedung ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus Perpustakaan Nasional dan APBD Provinsi Jawa Tengah tahun anggaran 2024. Total nilainya Rp4,599 miliar. Kita harapkan akan menjadi perpustakaan yang skalanya mungkin nanti bukan hanya lokal, tetapi bertaraf nasional,” pungkasnya. (Bud)