Mengenal Bedhag Coffee Jember bersama Donny Agustinus Waluyo

Donny Agustinus Waluyo
Donny Agustinus Waluyo Owner Bedhag Coffee Jember.(Foto: Donny)

Jember, Idola 92.6 FM – Kabupaten Jember Provinsi Jawa Timur dikenal salah satunya sebagai daerah penghasil kopi berkualitas. Salah satu produk yang dikenal publik yakni Bedhag Coffee.

Bedhag Coffee memproduksi kopi dengan cita rasa spesial karena proses pembuatannya yang sudah terintegrasi. Ada tiga jenis kopi yang diproduksi yakni arabika, liberika, dan robusta.

Owner Bedhag Coffee, Donny Agustinus Waluyo mengatakan kopi produksinya dikelola dari hulu ke hilir. Sejak 2017, dirinya bergelut di bisnis kopi. Sebelumnya ia membuka bedhak (lapak) di pasar tradisional, termasuk warung kopi. Tak hanya itu, ia juga ikut berjualan kopi Nusantara. Di tengah perjalanan, sang pelanggan memberitahu bahwa yang dijual –isinya- bukan kopi Nusantara. Padahal SOP penyajian sudah sesuai. Tapi rasanya beda.

Donny Agustinus Waluyo
Donny Agustinus Waluyo Owner Bedhag Coffee Jember saat menemani tamu di kebun kopi miliknya.(Foto: Donny)

Sejak saat itu, Donny—yang hobi naik gunung dan minum kopi, mulai mencari tahu. Dari situlah awal bisnis di mulai. Peluang tak boleh terlewatkan. Karena lokasi usaha di dekat kampus, maka ia mendirikan lembaga kursus pelatihan bagi mahasiswa atau siapa saja yang hendak belajar tentang kopi.

Ditanam di atas 1000 mdpl dan dinaungi dua gunung yakni Argopuro dan Raung, tak heran cita rasa kopi Jember olahan Bedhag Coffee makin memikat konsumen.

Bedhag Coffee Jember
Di Bedhag Coffee, mahasiswa juga bisa belajar banyak tentang kopi.(Foto: Donny)

Jika sebelumnya ia menggeluti tiga lini usaha yakni kedai, kebun, dan pengolahan. Maka pasca pandemi covid-19 lini usaha menjadi; usaha kebun, industri pengolahan dan lembaga pelatihan (sampai ke barista dan uji kompetensi juga).

Lalu bagaimana pasang surut usaha kopi yang digeluti Donny?

Selengkapnya, mengenal Bedhag Coffee Jember Jawa Timur, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Donny Agustinus Waluyo, Owner Bedhag Coffee, pagi tadi, Jumat 8 Maret 2024. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya: