Mengenal Panti Baca Ceria Sumedang Jawa Barat

Ipul Saepulloh
Ipul Saepulloh pegiat literasi dan pendiri Panti Baca Ceria Sumedang Jawa Barat.(Foto: Ipul)

Sumedang, Idola 92.6 FM – Anak muda asal Sumedang ini merintis rumah baca sejak tahun 2016. Hal itu tergerak dari rasa ingin meningkatkan minat baca atau tradisi literasi di lingkungan tempat tinggalnya. Atas kegiatan ini, TBM Panti Baca Ceria meraih penghargaan sebagai TBM kategori Kreatif – Reaktif dari Kemendikbudristek 2020.

Sosok anak muda itu adalah Ipul Saepulloh (32), pegiat literasi dan pendiri Panti Baca Ceria Sumedang. Anak muda yang tinggal di Tegal Kalong Kecamatan Sumedang Utara itu mendirikan taman baca karena minimnya ruang-ruang yang bisa mewadahi para kawula muda untuk berdiskusi, sharing, bertukar gagasan dan ide.

Ipul Saepulloh_Kelas Filsafat
Kelas filsafat di Panti Baca Ceria Sumedang Jawa Barat.(Foto: Ipul)

Masa-masa awal, ia seorang diri membangun Panti Baca Ceria yang bermarkas di rumahnya. Namun seiring berjalannya waktu, banyak relawan yang ikut bergabung.

Di tempat ini, warga gratis menikmati/membaca buku bancaan. Tak hanya membaca, Ipul juga menyediakan kelas menulis, kelas film, dan kelas filsafat.

Ipul Saepulloh_Kegiatan
Kegiatan lain dari Panti Baca Ceria Sumedang Jawa Barat.(Foto: Ipul)

“Respon warga masih bagus, ketika mengadakan program-program ke desa-desa, alhamdulillah responnya bagus sekali. Anak-anak yang sudah kecil dan yang sekarang dewasa, masih berjejaring di kelas kita,”tutur Ipul kepada radio Idola, pagi (27/05) tadi.

Selengkapnya, mengenal Panti Baca Ceria di Kabupaten Sumedang Jawa Barat, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Ipul Saepulloh, pegiat literasi dan pendiri Panti Baca Ceria Sumedang Jawa Barat. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya: