Muhammad Nazri Syahputra, Pendiri Komunitas Hidroponik Sumatera Utara

Muhammad Nazri Syahputra
Muhammad Nazri Syahputra, Pendiri/Ketua Komunitas Hidroponik Sumatera Utara.(Foto Nazri)

Sumut, Idola 92.6 FM – Sosok satu ini bergelut dengan dunia pertanian sejak sekitar 10 tahun yang lalu, terutama pertanian menggunakan medium hidroponik. Pertemuannya dengan Bob Sadino, makin memantapkan langkahnya menjadi petani karena pertanian adalah kunci kemakmuran sebuah negara.

Sosok itu adalah Muhammad Nazri Syahputra (34), Pendiri/Ketua Komunitas Hidroponik Sumatera Utara. Ia juga sebagai Duta Petani Milenial Kabupaten Deli Serdang. Bersama kegiatan pertaniannya, founder Muda Bertani Sumatera Utara tersebut meraih penghargaan SATU Indonesia 2023- tingkat provinsi.

Muhammad Nazri Syahputra
Muhammad Nazri Syahputra, Pendiri/Ketua Komunitas Hidroponik Sumatera Utara hingga kini mempunyai 200 petani binaan di Sumatera Utara.(Foto Nazri)

Kepada radio Idola, ia bercerita bagaimana awal mula tertarik dan akhirnya bergelut di pertanian. Ia tak ingin sendiri. Mengajak orang yang sefrekuensi. Hasilnya, sekitar 200 petani produktif kini di bawah binaannya. Buah dan sayur-sayur tersebut dipasarkan di 30 kabupaten/kota di Sumatera Utara dan luar Sumatera.

“Sayur yang mereka tanam, SOP dari kita. Sehingga tak ada over kapasitas. Jadi semua menurut permintaan pasar,”tutur sarjana pendidikan matematika itu kepada radio Idola, pagi (24/04) tadi.

Muhammad Nazri Syahputra
Salah satu kegiatan Komunitas Hidroponik Sumatera Utara.(Foto: Nazri)

Lalu, apa harapan Nazri ke depan dengan usaha pertanian yang sudah menjadi pilihan hidupnya?

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Muhammad Nazri Syahputra, Pendiri/Ketua Komunitas Hidroponik Sumatera Utara.(yes/her)

Simak podcast wawancaranya: