OJK Gandeng Pemda di Jateng Tingkatkan Kesejahteraan Petani

Panen raya padi
Kegiatan panen raya padi di Kabupaten Purworejo.

Semarang, Idola 92,6 FM-OJK Jawa Tengah bersinergi dengan pemerintah dan lembaga terkait melalui Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD), berkomitmen dalam peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di provinsi ini.

Kepala OJK Jateng Sumarjono mengatakan saat ini dibutuhkan program yang berkelanjutan dan sinergi antara otoritas, pemerintah, industri jasa keuangan dan stakeholder lain untuk mendorong kemajuan sektor pertanian. Pernyataan itu dikatakan melalui siaran pers, kemarin.

Menurutnya, sinergi diperlukan dalam mendukung peningkatan perekonomian di Jateng pada khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Sumarjono menjelaskan, dukungan industri jasa keuangan dan otoritas serta pemerintah dibutuhkan untuk membantu sektor pertanian.

Yakni, dalam rangka meningkatkan perekonomian di Jateng.

“Meliputi Asuransi Usaha Tani Padi, Kredit Usaha Rakyat, termasuk KUR yang diberikan kepada petani. Kemudian ada Kredit Pembiayaan Sektor Pertanian, Kredit/Pembiayaan Melawan Rentenir, Kredit Pertanian nol persen dan subsidi lainnya yang diberikan pemerintah provinsi/ kabupaten kota kepada petani dalam bentuk produk lain,” kata Sumarjono.

Lebih lanjut Sumarjono menjelaskan, pada tahun ini TPAKD Jateng memiliki program unggulan.

Yakni penguatan Pusat Informasi Keuangan Terpadu Desa/Kelurahan (PIKD), dan skema kredit pengembangan sektor pertanian untuk meningkatkan perekonomian Jateng. (Bud)