Operator Seluler Sebut Selama Nataru Trafik Data Naik 15 Persen

Petugas memperbaiki Jaringan Seluler
Petugas memeriksa BTS dalam upaya peningkatan layanan jaringan saat libur akhir tahun.

Semarang, Idola 92,6 FM – Seluruh operator telekomunikasi di Tanah Air mengakui, jika selama masa libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 kemarin terjadi kenaikan trafik data bila dibandingkan waktu normal harian.

Salah satunya adalah operator telekomunikasi XL Axiata yang mengakui, jika antara 24 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024 rerata trafik layanan pada periode Nataru meningkat sebesar 15 persen dibanding hari normal.

Bahkan, mengalami kenaikan 19 persen dibandingkan periode Nataru sebelumnya.

Sedangkan puncak kenaikan trafik layanan terjadi pada malam Tahun Baru, yang mencapai 90 persen dibandingkan kondisi hari normal.

Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata I Gede Darmayusa mengatakan selama masa libur Nataru 2023/2024 kemarin, kenaikan trafik rerata sebesar 15 persen bila dibanding hari normal atau naik 19 persen dibanding periode Nataru sebelumnya. Pernyataan itu disampaikan melalui siaran pers, hari ini.

Menurut Darmayusa, puncak kenaikan trafik layanan terjadi pada malam Tahun Baru yang mencapai 90 persen dibanding kondisi hari normal.

Darmayusa menjelaskan, seperti telah diprediksi bahwa layanan streaming mendominasi lonjakan kenaikan trafik layanan.

Sebaliknya, trafik layanan legacy atau percakapan hanya mengalami kenaikan sebesar satu persen dan SMS sebesar delapan persen dibanding hari biasa.

“Jauh-jauh hari kami di XL Axiata telah menyiapkan jaringan untuk melayani dan menjaga kenyamanan pelanggan selama libur panjang Natal dan Tahun Baru 2024. Ini menjadi komitmen XL Axiata dalam menjaga kualitas layanan sepanjang libur panjang akhir tahun 2023, termasuk perayaan Natal dan pergantian tahun baru. Dan seperti yang kami prediksikan sebelumnya, ada kenaikan trafik data yang signifikan mengingat terjadi mobilitas masyarakat yang meningkat di berbagai wilayah untuk merayakan dan menikmati liburan Natal dan Tahun Baru,” kata Darmayusa.

Lebih lanjut Darmayusa menjelaskan, selama periode liburan tersebut jaringan XL tetap prima dan tidak mengalami gangguan berarti.

Data XL Axiata juga menunjukkan tingginya aktivitas digital yang dilakukan pelanggan dalam mengisi masa liburan Nataru.

“Berdasarkan provinsi, kenaikan trafik tertinggi terjadi di Provinsi Jawa Tengah sebesar 21 persen, dan Sumatera Utara dengan kenaikan hingga 16 persen. Selanjutnya Provinsi Jawa Barat sebesar 14 persen dan Jawa Timur 11 persen,” pungkasnya. (Bud)