Pelaku UMKM di Jateng-DIY Terbantu Lewat Program Tambah Daya PLN

Petugas PLN
Petugas PLN saat mengecek meteran listrik milik pelanggan.

Semarang, Idola 92,6 FM-Ribuan pelaku UMKM yang ada di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta, merasakan manfaat dari adanya program tambah daya yang diberikan PLN.

Tercatat, ada 67.846 pelanggan yang merupakan pelaku UMKM telah memanfaatkan program tambah daya sepanjang 2023 kemarin.

Program layanan tambah daya berbiaya rendah, merupakan salah satu bentuk dukungan PLN terhadap pelanggan khususnya pelaku UMKM untuk meningkatkan produktivitas.

Ucan, pemilik usaha konveksi asal Yogyakarta mengaku senang karena sekarang tempat usahanya sudah ditambah daya dari PLN.

Sebelumnya, ia sering khawatir listrik sering ngetrip ketika menerima banyak pesanan konveksi.

Menurut Ucan, dirinya cukup membayar Rp271.023 untuk penambahan daya listrik dari 900 VA menjadi 5.500 VA.

“Begitu mengetahui ada promo diskon tambah daya, saya langsung daftar melalui aplikasi PLN Mobile. Bayarnya hanya Rp200 ribuan, kalau harga normal Rp4 juta lebih. Jadi sangat meringankan,” ucap Ucan.

Hal sama juga dirasakan Muhammad Ferry, pengelola UMKM burger asal Kabupaten Demak.

Ferry memanfaatkan promo Gelegar Akhir Tahun dari PLN, dengan membayar biaya tambah daya sebesar Rp271.023.

Setelah melakukan tambah daya, omzet penjualannya meningkat 50 persen.

“Seiring meningkatnya pesanan dari pelanggan, kami harus meng-upgrade beberapa peralatan yang membutuhkan listrik untuk mendukung hal tersebut. Sebelumnya daya listrik di sini 1.300 VA, karena ada beberapa peralatan baru jadi butuh daya lebih besar biar gak njeglek,” ujar Ferry.

Sementara General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jateng-DIY Mochamad Soffin Hadi menyatakan, promo tambah daya terbuka untuk semua pelanggan tidak hanya bagi pelaku UMKM saja.

“Melalui program layanan tambah daya berbiaya rendah ini, kami ingin memberikan keringanan kepada pelanggan agar pelanggan dapat beraktivitas menggunakan peralatan listrik dengan lebih leluasa dan nyaman. Di samping itu, kami ingin terus mendorong sektor UMKM untuk dapat meningkatkan produktivitas mereka yang berujung pada meningkatnya perekonomian,” kata Soffin.

Lebih lanjut Soffin menjelaskan, pada awal Januari 2024 ini pihaknya kembali menggelar promo tambah daya listrik dengan harga spesial melalui program Semarak Awal Tahun 2024.

Cukup dengan transaksi pembayaran rekening listrik atau transaksi pembelian token minimal Rp50 ribu di PLN Mobile, maka pelanggan PLN bisa mendapatkan promo tambah daya dengan biaya Rp202.400.

“Setelah melakukan klaim voucher, pelanggan dapat menggunakannya untuk penambahan daya listrik. Program promo tambah daya ini bisa dinikmati pelanggan sampai 31 Januari 2024,” pungkasnya. (Bud)