Presiden Jokowi Pastikan Seluruh Puskesmas di Indonesia Punya Alat USG

Presiden Jokowi saat memberi keterangan kepada media usai meninjau Puskesmas Toroh 1 Grobogan.

Semarang, Idola 92,6 FM-Pemerintah telah mendistribusikan alat Ultrasonography (USG), kepada 10 ribu puskesmas di seluruh Tanah Air.

Tujuannya, sebagai upaya membantu mengentaskan stunting di Indonesia.

Presiden Jokowi mengatakan seluruh puskesmas di seluruh Indonesia, dipastikan telah memiliki alat USG untuk membantu pemeriksaan kehamilan. Pernyataan itu dikatakan saat meninjau Puskesmas Toroh 1 di Kabupaten Grobogan, Selasa (23/1).

“Saya sudah cek, sistemnya bagus, alatnya ada, dan ini sudah diberikan kepada 10 ribu puskesmas di tanah air. Kita harapkan nanti semuanya memiliki USG sehingga kehamilan itu bisa dideteksi lebih dini. Semuanya data masuk ke pusat data di Jakarta. Ini penting sekali dalam pengentasan stunting,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi menjelaskan, selain alat USG, pemerintah juga memberikan alat timbang bayi ke sejumlah posyandu di seluruh Indonesia.

Yakni, sebagai langkah awal penanganan stunting yang akan terus diperbaiki ke depannya.

“Ada 300 ribu timbangan yang sudah kami berikan, yang sebelumnya tidak ada semuanya sekarang diberikan. Sehingga untuk berat badan bayi, panjang balita, semuanya bisa dicek. Ini saya kira penanganan sejak dini seperti ini yang akan terus kita perbaiki,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaMereview Debat Cawapres, Bagaimana Performance Setiap Cawapres? Sudahkah Secara Substantif Menjawab Persoalan?
Artikel selanjutnyaIni Roadmap OJK Guna Perkuat Perusahaan Modal Ventura