Ratusan Atlet Muda Bulutangkis Berebut Juara di Graha Padma Walikota Cup 2024

Walikota Cup 2024
Para atlet muda bulutangkis beradu tangkas di ajang Graha Padma Walikota Cup 2024.

Semarang, Idola 92,6 FM-Sebanyak 826 atlet dari berbagai klub bulutangkis di Indonesia ambil bagian dalam ajang Graha Padma Walikota Cup 2024 di GOR Graha Padma Semarang, Jumat (14/6).

Dari 826 atlet yang bertanding pada kejuaraan yang berlangsung pada 10-15 Juni 2024 itu terdiri dari 167 atlet Tunggal Anak Putra (TAPA), 143 atlet Tunggal Pemula Putra (TPA), 164 atlet Usia Dini Putra (UDPA), 90 atlet Tunggal Anak Putri (TAPI), 71 atlet Tunggal Pemula Putri (TPI), 64 atlet Usia Dini Putri (UDPI), 57 atlet Ganda Pemula Campuran (GPC), 69 atlet Ganda Anak Putra (GAPA), 92 atlet Ganda Pemula Putra (GPA) dan 29 atlet Ganda Anak Putri (GAPI) setta 48 atlet Ganda Pemula Putri (GPI).

Ketua Panitia Pelaksana Graha Padma Walikota Cup Yuni Kartika mengatakan Graha Padma Walikota Cup 2024 merupakan kejuaraan swasta nasional, yang masuk kalender PBSI dan mendapatkan peringkat poin nasional.

Graha Padma Walikota Cup 2024 fokus pada kategori U-11, U-13 dan U15 karena merupakan tiga kategori utama dalam pembinaan dan pembibitan awal atlet bulutangkis.

Yuni yang juga menjabat Wakil Ketua I PBSI Jawa Tengah menjelaskan, dari kejuaraan tersebut akan muncul bibit-bibit pebulutangkis juara yang dapat menjadi andalan Indonesia di masa depan.

Hal tersebut menjadi indikasi, bahwa pembinaan di tingkat klub terhadap atlet-atlet belia berjalan dengan baik.

“Ketiga kategori ini menjadi pilar utama pembinaan bulutangkis di Indonesia. Kemudian kejuaraan ini juga masuk dalam kalender PBSI. Jadi kalau melihat jumlah peserta, meski hanya tiga kategori tapi jumlah pesertanya sangat banyak, hampir mencapai seribu. Ini artinya proses pembinaan di indonesia berjalan cukup baik saat ini,” kata Yuni.

Yuni lebih lanjut menjelaskan, klub bulutangkis yang kerap melahirkan atlet nasional yaitu PB Djarum terdapat 11 wakilnya melaju ke babak final.

Salah satunya di kategori Tunggal Anak Putri (TAPI) yang memertemukan sesama wakil PB Djarum, dan dimenangkan unggulan kedua Jordana Alexa Mongkareng.

Selain Jordana, atlet PB Djarum lainnya yang berhasil maju ke final adalah unggulan teratas pasangan Oka Faiq Januar/Nur Hafidzah Afifah yang bermain di kategori Ganda Pemula Campuran (GPC).

Babak final direncanakan digelar pada Sabtu (15/6) di GOR Graha Padma Semarang. (Bud)