Rumah Rusak Terdampak Banjir Bakal Segera Dikerjakan

Bantuan kepada warga Demak
Bantuan kepada warga Demak yang terdampak banjir.

Semarang, Idola 92,6 FM-Pemprov Jawa Tengah mulai memersiapkan rehabilitasi, bagi rumah rusak yang terdampak banjir di sejumlah daerah.

Upaya tersebut dilakukan, setelah kondisi lokasi benar-benar surut dan warga kembali ke rumah masing-masing.

Pj Gubernur Nana Sudjana mengatakan penanganan bencana banjir di Kabupaten Demak, saat ini terus dikebut. Pernyataan itu dikatakan saat ditemui di kantor gubernur, kemarin.

Nana menjelaskan, penyedotan genangan air banjir masih dilakukan dengan mengerahkan puluhan pompa air.

Ada 22 pompa yang dikerahkan, untuk melakukan penyedotan sisa banjir di wilayah Demak.

Menurut Nana, penanganan setelah bencana juga sudah disiapkan di antaranya perbaikan rumah atau infrastuktur warga terdampak.

“Dalam hal perbaikan, kami sudah koordinasi dengan BNPB. Kita memang sudah mulai pendataan, mana yang rusak akan kita perbaiki. Jadi ada rusak berat, sedang, dan ringan. Ini sedang kami lakukan pendataan,” kata Nana.

Lebih lanjut Nana menjelaskan, kordinasi antara Pemprov Jateng dan Kementerian PUPR serta BNPB terus dilakukan untuk penanganan tanggul setelah bencana banjir.

Koordinasi juga melibatkan TNI-Polri.

Koordinasi itu nantinya juga akan membahas upaya normalisasi sungai, dan tanggul di beberapa daerah aliran sungai (DAS) lainnya.

“Kita rapatkan dulu. Kira-kira mana yang memang perlu segera diperbaiki. Yang pasti kan di Demak dan Grobogan. Grobogan itu parah juga, ada beberapa tanggul yang jebol,” pungkasnya. (Bud)