Segini Nilai Gizi Yang Terkandung Dalam Simulasi Penyediaan Makan Siang Gratis

Chef Fahrur Rosidi (kanan) saat menjelaskan tentang simulasi penyediaan makan siang yang mengandung cukup nutrisi dan gizi.

Semarang, Idola 92,6 FM – Perkumpulan Penyelenggara Jasaboga Indonesia (PPJI) yang merupakan para pelaku jasa katering, mencoba melakukan simulasi penyediaan makan siang gratis yang diusung pasangan Prabowo-Gibran di Pemilu 2024.

Bahkan, para pelaku katering itu juga menghitung besaran dari nilai gizi yang terkandung di dalamnya.

Wakil Sekjen DPP PPJI Budi Syahmenan mengatakan terdapat 26 DPD PPJI di seluruh Indonesia, akan melakukan simulasi bagaimana menyediakan makan siang gratis sesuai program dari pasangan Prabowo-Gibran. Hal itu dikatakan saat ditemui di Semarang, Senin (15/1).

Budi menjelaskan, dari simulasi penyediaan makan siang gratis itu juga memberikan edukasi tentang makanan sehat dan bergizi dengan biaya terjangkau.

“Kami juga memberikan edukasi kepada para orang tua maupun masyarakat, bagaimana menyediakan makan siang sesuai standar kesehatan dan anjuran dari Kementerian Kesehatan.

Menurut Budi, pihaknya yang tergabung dalam relawan ‘Aksi Sahabat Gibran’ akan melakukan simulasi memasak dan menyediakan makan siang di Semarang.

“Kami ingin menunjukkan bahwa program makan siang gratis Prabowo-Gibran itu nyata dan bisa diterapkan,” jelasnya.

Sementara Ketua Relawan Aksi Sahabat Gibran, Dadi Krismantono menambahkan jika pihaknya juga menghitung nilai gizi dari makan siang yang akan disiapkan itu.

Mengambil contoh satu kecamatan di Kota Semarang tepatnya di Kecamatan Semarang Selatan saja dibutuhkan 70 kilogram beras untuk sekali masak.

Menurut Dadi, sekali makan siang dan disiapkan sesuai aturan dari Kementerian Kesehatan maka nutrisi dan gizi masyarakat akan terpenuhi.

“Kami simulasikan sekali makan siang anggarannya per porsi adalah Rp15 ribu. Itu sudah mencakup karbohidrat, protein hewani dan nabati serta vitamin dan didapat dari buah,” ujar Dadi. (Bud)

Artikel sebelumnyaKepala Daerah di Jateng Diminta Kerjakan Program Prioritas Pemerintah Pusat
Artikel selanjutnyaPemprov Jateng Luncurkan Program Ayo Rukun