Semua Unsur Terlibat Kawal Keamanan Pilkada Serentak 2024 di Jateng

Kapolda Irjen Pol Ahmad Luthfi saat datang ke kampus PIP Semarang.

Semarang, Idola 92,6 FM-Hajatan besar pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2024 bakal digelar, untuk pemilihan bupati/wali kota maupun gubernur di Jawa Tengah.

Polda Jawa Tengah mengumpulkan jajaran TNI/Polri dan pemerintah daerah, dalam rangka ikut serta mengamankan jalannya pesta demokrasi lima tahunan.

Kapolda Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan pihaknya merangkul jajaran TNI dan pemerintah daerah setempat, untuk ikut berpartisipasi dalam rangka pengamanan Pilkada Serentak 2024 di Jateng. Hal itu dikatakan usai pengarahan kepada anggota Bhabinkamtibmas dan Babinsa di Gedung Serba Guna PIP Semarang, Rabu (15/5).

Kapolda menjelaskan, lewat tiga pilar ini dalam upaya persiapan Operasi Mantap Praja menghadapi Pilkada Serentak 2024 di Jateng.

Operasi Mantap Praja merupakan operasi kepolisian terpusat, yang dilakukan serentak dalam rangka Pilkada 2024.

Menurutnya, di seluruh wilayah kabupaten/kota di Jateng akan melakukan operasi bersama.

“TNI/Polri harus kita lakukan konsolidasi agar apabila nanti gelaran pilkada nanti kita lakukan sudah siap semua. Yang menjadi konsen kota bahwa masing-masing kabupaten/kota sudah kita petakan daerah-daerah yang nanti secara bersama melakukan pemilihan kepala daerah,” kata kapolda.

Lebih lanjut kapolda menjelaskan, jajaran kepolisian sudah siap menggelar pengamanan pilkada di Jateng.

Dengan pengamanan sampai ke tingkat paling kecil, diharapkan pelaksanaan pilkada di Jateng juga berjalan aman.

“Tidak ada perbantuan pasukan, karena masing-masing mengamankan wilayahnya,” jelasnya.

Sementara di tempat yang sama, Kapolda Irjen Pol Ahmad Luthfi memberikan kuliah umum di hadapan ratusan taruna PIP Semarang. (Bud)