Siti Yulaikah, Perempuan Inspratif Lingkungan Hidup

Siti Yulaikah
Siti Yulaikah, Perempuan Inspratif Lingkungan Hidup dari Kota Batu.(Dok Yuli)

Batu, Idola 92.6 FM – Perempuan satu ini sehari-sehari berprofesi sebagai humas di Desa Wisata Sidomulyo Kecamatan Batu Kota Batu Jawa Timur. Tak seperti humas pada umumnya, sosok ini memiliki kepedulian terhadap lingkungan sekitarnya. Salah satu kegiatannya, mengelola Kampung Wisata Sakura dan menjadi anggota komunitas Sabers Pungli (Sapu Bersih Nyemplung Kali).

Sosok perempuan hebat itu adalah Siti Yulaikah, peraih penghargaan Perempuan Inspiratif Lingkungan Hidup dari Kementerian Dalam Negeri melalui Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE-KIM) Jawa Timur 2023. Selama ini, Mbak Yuli–panggilan akrabnya, dikenal peduli dengan lingkungan. Bersama komunitasnya, juga terjun langsung ke sungai untuk mengambil sampah.

Siti Yulaikah
Siti Yulaikah yang juga sebagai Wakil Ketua Forum Kota Sehat Kota Batu, saat meraih penghargaan tahun 2023.(Dok Yuli)

Menurut Yuli, melihat sungai Brantas yang mengaliri sungai-sungai di Jawa Timur terlihat kotor karena sampah, membuatnya tergerak. Setiap minggu, di desa masing-masing anggota komunitas Sabers Pungli, mereka terjun ke sungai. Membersihkan sungai dari sampah. Sampah terbanyak adalah popok sekali pakai atau diapers.“Terutama sampah diapers, itu mengerikan,”tutur Yuli yang juga sebagai Owner MimiSweet Healty Drink kepada radio Idola, pagi (17/01) tadi.

Siti Yulaikah
Kampung Sakura Desa Wisata Sidomulyo Kecamatan Batu Kota Batu. Desa Wisata Sidomulyo meraih dua penghargaan sekaligus dalam acara Festival Desa Wisata Cerdas Mandiri Sejahtera yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Timur di Kabupaten Sumenep, pada November 2023.(Dok Yuli)

Tak hanya ambil sampah di sungai, Yuli dan komunitas juga memanfaatkan sampah hingga terlihat seperti sekarang ini. Contohnya Kampung Sakura dan Kampung Bunga Matahari Desa Sidomulyo.

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Siti Yulaikah, Humas Desa Wisata Sidomulyo Kota Batu dan penerima penghargaan Perempuan Inspiratif Lingkungan Hidup dari Kementerian Dalam Negeri melalui Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE-KIM) Jawa Timur 2023. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya: