Tingkatkan Literasi Pasar Modal ke Gen Z, Begini Upaya BEI

Penghargaan Galeri Investasi BEI 2024
BEI memberikan penghargaan kepada galeri investasi yang menjadi jawara dalam ajang Penghargaan Galeri Investasi BEI 2024.

Semarang, Idola 92,6 FM-Dalam rangka meningkatkan literasi pasar modal kepada generasi muda khususnya generasi Z, Bursa Efek Indonesia (BEI) menggelar Penghargaan Galeri Investasi (GI) BEI 2024.

Mengusung tema ‘Karena Urusan Masa Depan, Harus Terdepan’, penghargaan diberikan kepada GI BEI yang nominasinya dipilih dari 43 GI BEI dari seluruh Indonesia.

Direktur Teknologi Informasi dan Manajemen Risiko BEI Sunandar mengatakan kegiatan tersebut menegaskan, bahwa komitmen BEI dalam memajukan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia. Hal itu disampaikan melalui siaran pers, Rabu (6/3) malam.

Sunandar menjelaskan, penghargaan tersebut merupakan langkah-langkah apresiasi atas upaya nyata GI BEI dalam memersiapkan masyarakat Indonesia menghadapi tantangan keuangan di masa depan.

Terdapat delapan kategori penghargaan GI BEI 2024, yang penilaiannya dilakukan berdasarkan aktivitas GI BEI selama setahun dari 1 Januari hingga 31 Desember 2023.

Menurut Sunandar, terdapat tiga kategori utama di dalam Penghargaan GI BEI 2024.

Yakni kategori GI BEI Teraktif dengan kategori pertama aktivitas edukasi dan pemerataan informasi, kategori kedua penambahan jumlah rekening efek dan kategori nilai transaksi.

Selain tiga kategori utama, terdapat dua penambahan kategori baru.

Yaitu kategori GI edukasi teraktif dan GI syariah teraktif.

“Dengan terselenggaranya acara penghargaan GI BEI tahun 2024 ini, diharapkan dapat memberikan semangat kepada pengurus GI BEI untuk terus memberikan edukasi dan pemahaman tentang pasar modal kepada generasi muda Indonesia. Yakni melalui kolaborasi bersama BEI, perguruan tinggi atau sekolah dan anggota bursa mitra,” kata Sunandar.

Lebih lanjut Sunandar menjelaskan, BEI juga memberikan penghargaan pemenang kompetisi Duta Pasar Modal (DPM) BEI 2023 triwulan pertama 2024 yang diikuti 2.070 DPM BEI dari 155 GI BEI di seluruh Indonesia.

Kompetisi dilakukan atas 631 kegiatan dengan 544.395 peserta edukasi, dan dibagi menjadi dua kategori yaitu edukasi tatap muka dan edukasi media sosial.

Terdapat 20 pemenang yang akan mendapatkan apresiasi berupa beasiswa, dan penyelenggaraannya akan berlangsung setiap tiga bulan yang diakhiri dengan kompetisi tahunan DPM BEI pada Oktober 2024 mendatang.

“Hal ini tentunya sejalan dengan kampanye #AkuInvestorSaham yang memiliki pesan kebanggaan, inklusivitas, dan kemajuan bagi para investor dan calon investor saham karena urusan masa depan harus terdepan,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaPlatform Askedu dan Edumatch Mudahkan Perusahaan Susun Jadwal Pemagangan
Artikel selanjutnyaKurangi Volume Sampah di TPA, Masyarakat Diajak Olah Sampah di Rumah Masing-masing