Platform Askedu dan Edumatch Mudahkan Perusahaan Susun Jadwal Pemagangan

Edukadin Jateng
Edukadin Jateng saat memberi pelatihan kepada siswa magang.

Semarang, Idola 92,6 FM-Platform Askedu dan Edumatch diluncurkan Kadin Jawa Tengah, guna memberikan fasilitas bagi perusahaan dan sekolah menengah kejuruan (SMK) untuk menjalin program pemagangan.

Lewat platform digital yang dikembangkan Edukadin itu, diharapkan mampu memertemukan kepentingan perusahaan dengan siswa SMK dalam pelaksanaan pelatihan pemagangan.

GIZ RECOTVET Hanoi, Teresa Toepfer mengatakan platform Askedu merupakan layanan digital, yang berisi panduan atau tahapan tahapan implementasi pendidikan vokasi dan pelatihan vokasi di perusahaan. Pernyataan itu disampaikan saat ditemui di Hotel Grand Candi Semarang, kemarin.

Teresa menjelaskan, melalui Askedu perusahaan akan dibimbing langkah apa saja yang harus dilakukan dan dipenuhi ketika ingin menjadi perusahaan penerima magang.

Sementara Edumatch, merupakan layanan digital yang menghubungkan antara perusahaan dan sekolah vokasi dalam program pemagangan.

Menurut Teresa, perusahaan bisa memanfaatkan layanan digital tersebut karena telah dilengkapi dengan pedoman melakukan pelatihan vokasi yang hasil akhirnya akan mencetak tenaga terampil.

“Jadi untuk Askedu itu untuk perusahaan. Artinya, perusahaan ini nanti akan dapat banyak sekali informasi tentang bagaimana menyelenggarakan pelatihan vokasi di perusahaan. Unique Selling Point-nya dari Askedu ini nanti si perusahaan yang berminat bisa konsultasi dengan ahlinya, terkait bagaimana melaksanakan pelatihan vokasi,” kata Teresa.

Lebih lanjut Teresa menjelaskan, dengan semakin banyak tenaga terampil siap kerja maka akan semakin banyak perusahaan yang terbantu mendapatkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas.

Sementara Direktur Edukadin Jateng Agustina Devi menambahkan, selama ini program pemagangan yang sudah ada belum terstruktur dengan baik.

Dengan adanya platform digital tersebut, diharapkan bisa memerbaiki ekosistem pendidikan vokasi lebih baik. (Bud)