Magang Kerja di Jerman Masih Jadi Tujuan Pemuda Jateng

Hasan Abdul Rozak
Wakil Ketua Umum Kadin Jateng Hasan Abdul Rozak (kiri) saat menyerahkan sertifikat kepada peserta yang lolos berangkat magang ke Jerman.

Semarang, Idola 92,6 FM – Program kerja sama IHK Trier dan Kadin Jawa Tengah, akan memberangkatkan 18 peserta magang ke Jerman.

Batch kedua program persiapan pemagangan ke Jerman siap diberangkatkan, paling cepat Agustus 2023 nanti.

Wakil Ketua Umum Kadin Jateng Hasan Abdul Rozak mengatakan para peserta magang di Jerman, akan bersekolah dan bekerja di sektor hospitality. Hal itu dikatakan saat ditemui di Hotel Grand Candi Semarang, Sabtu (15/7).

Hasan menjelaskan, sebelumnya para peserta sudah melalui serangkaian tahapan dan pelatihan bahasa hingga pengenalan budaya.

Menurut Hasan, sejumlah tantangan muncul karena persaingan yang semakin ketat mengingat program dengan IHK Trier tidak hanya dilakukan bersama Kadin Jateng saja.

Kompetisinya juga berlaku dengan negara semisal dari Maroko, Nepal hingga Turki.

“Karena ini bidangnya masih di hospitality ya, jadi hotel dan restoran. Nanti mereka akan di IHK Trier yang sudah disiapkan di Kota Trier, dan nanti lebih banyak praktik ketimbang teori. Jadi mereka magang tapi juga sekolah dan diberi uang saku sekitar Rp18 jutaan,” kata Hasan.

Lebih lanjut Hasan menjelaskan, sejumlah persiapan masih terus dilakukan termasuk penyampaian permohonan visa.

Kerja sama antara Kadin Jateng dengan IHK Trier sudah berlangsung lama, dan kolaborasi tersebut dinilai luar biasa dalam mengantarkan para peserta magang bisa meraih masa depan lebih cerah.

“Jerman masih membutuhkan 400 ribu tenaga kerja per tahun untuk mengisi terutama anak muda yang punya skill bekerja di industri di sana,” pungkasnya. (Bud)