Kadin Jateng Sebut Tantangan Global Bukan Batu Sandungan Luaskan Pasar Perdagangan

Harry Nuryanto Soediro
Harry Nuryanto Soediro, Ketua Umum Kadin Jateng.

Semarang, Idola 92,6 FM – Kadin Jawa Tengah terus berupaya menjalin sinergi dan kerja sama dengan mitra dagang di luar negeri, termasuk dengan pengusaha di wilayah Uni Eropa. Tidak hanya pelaku industri skala menengah saja, tetapi juga industri besar untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dalam negeri.

Ketua Umum Kadin Jateng Harry Nuryanto Soediro mengatakan melalui kerja sama dengan Uni Eropa akan membuka peluang juga bagi sektor industri kecil, sehingga seluruh pelaku usaha bisa mendapatkan keuntungan secara komprehensif. Pernyataan itu dikatakan di sela diskusi Uni Eropa-Central Java Trade and Investment Dialogue di Hotel Gumaya, kemarin.

Harry menjelaskan, melalui kerja sama yang terbangun dan terjalin itu bisa ikut mendongkrak pengembangan industri kecil di Jateng maupun Uni Eropa.

Menurutnya, pelaku industri kecil merupakan salah satu pendorong penting bagi mesin pertumbuhan ekonomi di Jateng. Oleh karena itu, momentum pertemuan antara Kadin Jateng dengan Uni Eropa harus bisa dimanfaatkan sebaik mungkin dan memulihkan pertumbuhan ekonomi nasional.

“Walaupun ada tantangan global yang akan kita hadapi, tetaplah kita optimis bahwa langkah komprehensif melalui komitmen kerja sama bilateral yang kita upayakan ini akan membawa impact yang besar dalam mempercepat pencapaian tujuan pertumbuhan ekonomi global yang kuat dan berkelanjutan,” kata Harry.

Harry Nuryanto Soediro, Ketua Umum Kadin Jateng:

Lebih lanjut Harry menjelaskan, akan ada banyak keuntungan bersama dalam peningkatan kerja sama yang bisa diwujudkan melalui perluasan perdagangan dan investasi.

“Kadin berharap, perjanjian kemitraan ekonomi komprehensif Indonesia dan Uni Eropa dapat betul-betul terlaksana. Sehingga menjadi landasan kuat, dan dapat kita implementasikan dalam kerja sama ekonomi,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaPresiden Joko Widodo Mewanti-wanti Kondisi Ekonomi Dunia Bakal Gelap Tahun Depan, Bagaimana Mengantisipasinya?
Artikel selanjutnyaMengenal Farwiza Farhan, Perempuan Peduli Lingkungan dari Aceh dan Masuk dalam Time 100 Next 2022
Wartawan senior Radio Idola Semarang.