Usai Terbakar, Kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu Direhabilitasi

Penanaman Pohon
Penanaman pohon sekitar Kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu.

Semarang, Idola 92,6 FM-Kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu sempat terbakar pada Oktober 2023, dan menghanguskan banyak vegetasi di kawasan tersebut.

Pemprov Jawa Tengah bersama elemen masyarakat bergerak, dengan menanam 3.400 bibit pohon di Kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu.

Pj Gubernur Nana Sudjana mengatakan penanaman ribuan bibit pohon itu, guna mengembalikan kawasan lereng Gunung Merbabu setelah dilanda kebakaran pada Oktober 2023 lalu. Pernyataan itu dikatakan usai mengikuti kegiatan penanaman pohon, belum lama ini.

Nana menjelaskan, kegiatan penanaman pohon memiliki arti penting bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.

Selain itu, hutan juga memiliki fungsi pengendalian tata air dan pelestarian keanekaragaman hayati serta untuk meningkatkan produktivitas lahan.

Menurut Nana, fenomena El Nino beberapa waktu lalu mengakibatkan kekeringan dan bahkan di sejumlah kawasan mengalami kebakaran lahan.

“Oleh karena itu dalam rangka untuk mengembalikan atau mereboisasi, hari ini kita lakukan penanaman bersama. Pemprov terus berupaya mengurangi laju degradasi lahan dan deforestasi hutan yang menjadi penyebab terjadinya lahan kritis,” kata Nana.

Lebih lanjut Nana menjelaskan, ada beberapa strategi yang diterapkan dalam mengurangi lahan kritis.

Mulai dari penanaman pohon untuk merehabilitasi hutan secara vegetatif, penguatan kelembagaan pengelola Daerah Aliran Sungai (DAS) melalui pembentukan forum pengelolaan DAS dan penyuluhan kehutanan.

“Pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan ekonomi produktif berbasis usaha kehutanan bagi masyarakat sekitar hutan juga kita lakukan, dan meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengelolaan DAS,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaOmbudsman dan Pemprov Jateng Bersinergi Perkuat Inovasi Pelayanan Publik
Artikel selanjutnya38 Ribu Kendaraan Lewati GT Kalikangkung Saat Puncak Arus Balik Tahun Baru